Di Tapal Batas Motaain Mahfud Minta Pemda Perkuat NKRI

by -518 views

ATAMBUA  – Pemerintah Pusat terus memberi perhatian penuh terhadap percepatan pembangunan ekonomi di kawasan perbatasan termasuk di Motaain, Kabupaten Belu, Provinsi NTT. “Pemerintah Pusat segera mengucurkan dana Rp 24 triliun untuk mendukung percepatan pembangunan lintas sektor di Kawasan Motaain. Saya minta kepada Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia untuk terus memperkuat ikatan kesatuan di Indonesia agar dapat bekerja keras mewujudkan kesejahteraan umum menuju Negara Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera,” tandas Menko Bidang Polhukam RI yang juga Ketua Pengarah BNPP, Prof. Mahfud MD kepada pers usai Rapat Pembahasan Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan Perbatasan Motaain, Kamis (18/6/2020).

Nampak hadir Menteri Dalam Negeri RI, Prof. Tito Karnavian, Wagub NTT, Drs Josef A. Nae Soi, MM, Deputi Bidkoor Hanneg, Mayjen TNI Rudianto, Sekretaris BNPP, DR H. Suhajar, MSi, Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Hamadin, Danrem 161/WS, Brigjen TNI Syaiful Rahman, S.Sos, Kabinda, Brigjen TNI Adrianus Suryo Agung Nugroho, S.Sos, M Tr dan jajaran Pejabat Pimpinan Tinggi Madya pada Lingkungan Kementerian Koordinator Polhukam dan Kemendagri, Bupati Belu, Willibrodus Lay, Pimpinan DPRD Belu dan sejumlah tamu undangan.

Sedangkan Mendagri Tito Karnavian meminta kepada Bupati Belu untuk segera mempercepat proses pengucuran dana tersebut meski tengah berada dalam masa Pandemi Covid-19. “Saya juga meminta kepada para Bupati lainnya di Provinsi NTT yang dalam tahun ini akan melaksanakan Pilkada langsung segera memproses kekurangan dana secepatnya untuk mendukung pelaksanaan pilkada secara optimal,” kata mantan Kapolri ini.

Mendagri berharap, semua pihak dapat memberikan dukungan bagi suksesnya pelaksanaan Pilkada langsung tahun 2020 yang digelar serentak pada 9 Desember 2020. “Kita wajib menyukseskan tahapan Pilkada langsung tahun 2020 dengan penuh tanggungjawab. Karena kita, sudah menjalani kenormalan baru dengan tetap menaati protokol kesehatan,” katanya.

Kunjungan Kerja Menko Bidang Polhukam dan Mendagri bersama rombongan selama 8 jam di Kota Perbatasan Atambua, Kabupaten Belu, diawali dengan penyambutan di Bandara A. A. Bere Tallo Haliwen Atambua. Rombongan Menteri didampingi Wagub Nae Soi dan unsur Forkopimda NTT yang menumpangi pesawat Trans Air ATR 72-600, yang menerbangkan rombongan dari Kupang, diterima secara adat oleh Bupati Belu, Pimpinan DPRD Belu, Forkopimda, para tokoh agama dan tokoh masyakat serta para pelajar. Selesai pengalungan selendang rombongan menuju ke PLBN Motaain dengan menempuh perjalanan 35 menit.

Di Motaain rombongan langsung ISHOMA di Wisma Indonesia PLBN Motaain, dilanjutkn dengan penanaman anakan pohon di lokasi sekitar Wisma Indonesia tersebut.
Usai rapat terbatas menyangkut percepatan pembangunan ekonomi kawasan perbatasan, rombongan menteri berkeliling di lokasi PLBN Motaain dan diakhir kunjungan di beranda terdepan NKRI-RDTL itu, kedua menteri menyempatkan diri untuk menyampaikan ucapan selamat Ultah ke -58 kepada Presiden Jokowi yang akan ditayangkan melalui vidio ucapan selamat ulang tahun Presiden Jokowi pada 21 Juni 2020. (frans tiran/st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *