Komisi III Resmi Terima Tito Sebagai Kapolri Pengganti Badrodin

by -38 views

JAKARTA – Komisi III DPR menyatakan setuju mengangkat Komjen Tito Karnavian sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti yang akan memasuki masa pensiun. Keputusan itu diambil setelah 10 fraksi di Komisi III menyampaikan sikap persetujuan usai pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

Ketua Komisi III Bambang Soesatyo kemudian menanyakan lagi satu per satu ke fraksi apakah juga setuju pemberhentian dengan hormat Badrodin Haiti sebagai Kapolri. Semua fraksi setuju.

“Seluruh anggota Komisi III mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat Badrodin Haiti sebagai Kapolri, dan pengangkatan Tito Karnavian sebagai Kapolri yang selanjutnya akan ditetapkan dalam paripurna. Apakah dapat disetujui?” ujar Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo, saat meminta persetujuan anggota komisi, Kamis (23/6).

“Setuju!” jawab para anggota komisi.

Oleh Bambang, palu sidang diketok tanda keputusan sudah diambil.

Sebelumnya, dalam pandangan akhir fraksi, pengajuan Tito sebagai calon Kapolri disetujui mutlak. Termasuk oleh dua fraksi dengan anggota terbesar, PDIP dan Golkar. Fraksi oposisi yang merupakan pemilik jumlah anggota ketiga terbesar, juga menyatakan persetujuan, diikuti oleh Fraksi Partai Demokrat.

Persetujuan juga datang dari Fraksi PAN, PKB, PKB, PPP, Hanura, dan Nasdem. (sp/jk)

Foto : Tito Karnavian berjabat tangan dengan Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Benny Harman, usai fit and proper test, Kamis (23/6).