Wagub NTT Dipastikan Lepas Tour de Timor di Betun

by -184 views

KUPANG – Kepala Dinas Pariwisata NTT, Marius A. Djelamu, memastikan bahwa Wakil Gubernur NTT, Benny A. Litelnoni, akan melepas Tour de Timor pada Sabtu (9/11), pukul 08.00 wita, di Lapangan Bolan, Betun, Kabupaten Malaka. Sebanyak 50 peserta Tour de Timor dijadwalkan melintasi sejumlah destinasi wisata di Pulau Timor.

Peserta fun bikers Tour de Timor itu berasal dari sejumlah daerah di luar Provinsi NTT, yaitu dari Aceh, Surabaya, Denpasar, Papua, Makasar dan Republic Demokratic Timor Leste (RDTL) berjumlah lima orang. “Jadi Pak Wagub bersama Bupati Malaka akan melepas peserta TdT di garis star Lapangan Bolan, Betun, pukul 08.00 Wita, Sabtu (9/11), menuju Kota Atambua (Etape I),” kata Djelamu.

Menurut dia, saat pelepasan peserta Tour de Timor langsung diarahkan menuju destinasi wisata Pantai Motadikin (Betun). Selanjutnya peserta Tour de Timor berlomba menuju Atambua, sesuai route Etape I.

“Panitia juga memberikan kesempatan kepada masyarakat Betun yang berjumlah 500 orang bersepeda untuk ikut meriahkan Tour de Timor sesuai kemampuan jarak tempuh,” sebut Djelamu.

Demi terselenggaranya Tour de Timor, jelas Djelamu, Dinas Pariwisata NTT bekerjasama dengan Polda NTT, Polres se-daratan Timor dan juga Korem 161/Wira Sakti serta pelajar dan mahasiswa. “Kerjasama ini dengan maksud pihak TNI, Polri dan pelajar, bisa ikut serta dalam Tour de Timor dimaksud,” katanya.

Kepala Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata pada Dinas Pariwusata NTT, Eden Kalakik, mengatakan, pada setiap etape, para peserta Tour de Timor dipersilahkan mengunjungi destinasi wisata seperti Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, sambil mengopname foto dan membuat rekaman video. Juga di setiap etape disuguhkan berbagai hadiah doorprice dan hiburan serta tarian daerah.

Soal rangkaian kegiatan pada etape terakhir di Kupang, Selasa (12/11), menurut Eden, dipusatkan di alun-alun Rumah Jabatan Gubernur NTT, pukul 16.00 Wita. Rombongan bersepeda yang terdiri dari Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Walikota Kupang serta Forkopimda, juga para pimpinan perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi NTT akan berkumpul di Hotel T-More , untuk bersama-sama peserta Tour de Timor memasukui finish. (hms/son/jdz)