Ayo, Ikut Lomba Foto ‘Amazing NTT dalam Lensa 2016’

by -25 views

Kupang, mediantt.com – Enam destinasi pariwisata NTT telah ditetapkan masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia. Karena itu, untuk mempromosikannya Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT menggelar lomba foto yang bertajuk “Amazing NTT Dalam Lensa 2016”. Lomba foto meliputi enam destinasi pariwisata tersebut. Yang berminat, silahkan mengirim foto sesuai ketentuan.

“Kita akan menggelar lomba foto dengan tema ‘Amazing NTT Dalam Lensa 2016’, yang meliputi enam destinasi pariwisata di NTT, untuk mempromosi enam destinasi pariwisata itu,” kata Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Berbasis Sosial Budaya, Valentinus Bhalu, Kamis (4/8).

Ia menyebutkan, keenam destinasi pariwisata yang dilombakan adalah tujuan wisata terpopuler Nihiwatu di Sumba Barat, atraksi budaya terpopuler Pasola di Sumba Barat, tempat berselencar terpopuler Nembrala di Rote Ndao, tempat menyelam terpopuler di Alor, dataran tinggi terpopuler Kelimutu di Ende, dan situs sejarah terpopuler Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende.

Menurut dia, pemenang lomba foto akan mendapatkan hadiah Rp 10.000.000 untuk juara satu. Juara dua Rp 7.500.000, juara tiga Rp 5.000.000, juara harapan I Rp 4.000.000, juara harapan II Rp 3.000.000 dan juara harapan III Rp 2.500.000.

Ia juga menyebutkan persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi peserta lomba foto, antara lain, peserta adalah Warga Negara Indonesia, masyarakat umum, dan seniman atau pegiat seni di Nusa TenggaranTimur, kecuali anggota panitia lomba dan keluarganya.

Yang kedua, peserta lomba adalah perorangan. Peserta harus menjamin keaslian foto yang diikutsertakan dalam lomba. Foto yang diperlombakan adalah foto yang belum pernah dipublikasikan di media manapundan , belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis. Juga, belum pernah dipresentasikan dan atau tidak pernah digunakan untuk media komunikasi apapun.

“Kita mau supaya foto yang diperlombakan harus sesuai tema. Setiap peserta diperbolehkan mengirim lebih dari tiga foto. Masing-masing foto merupakan karya tunggal dan bukan serial,” kata Bhalu.

Ia menambahkan, foto yang diperlombakan adalah foto yang diambil dari Januari 2016-13 September 2016, yang dibuktikan pada file Exif foto yang dilombakan. “Model atau subjek yang menjadi objek foto merupakan tanggung jawab fotografer sepenuhnya. Segalah sesuatu yang menjadi perijinan pemotretan menjadi tanggung jawab peserta. Panitia tidak bertanggung jawab terhadap adanyan tuntutan pihak lain atas penyertaan peralatan, lokasi, model dan objek lainnya dalam foto yang dikirim,” tegas dia.

Persyaratan lainnya, lanjut dia, karya yang masuk menjadi hak milik Disparekraf NTT untuk digunakan sebagai materi promosi pariwisata atau lainnya. Dan yang terakhir, peserta yang ikut serta dalam lomba dianggap menyetujui persyaratan tersebut.

Mantan kepala bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT ini menambahkan, foto dikirim dalam bentuk cetakan 12R file digital dalam cd dengan format JPEG. Dibelakang foto ditempelkan tulisan, judul, lokasi, nama fotografer, alamat, nomor telepon atau Hp, foto copy KTP, naskah cerita yang menggambarkan isi dari foto maksimal 500 kata.

“Spesifikasi kamera adalah SLR atau DSLR. Pengiriman foto dapat dilakukan mulai tanggal 18 Juli-13 September 2016 melalui pos atau dihantar langsung ke Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT,  Jln. Frans Seda No. 72 Kupang. Pemenang akan dihubungi oleh panitia via email atau telepon pada 15 September 2016,” katanya, mengingatkan. (ama/jdz)