Musda Demokrat Siap Digelar, John Kaunang Menguat

by -24 views

Daerah (Musda) ketiga, kembali dihelat pada Rabu 25 Mei 2016, di Neo Hotel, Kupang. Panitia Pelaksana yang dikomandani Leonardus Lelo (ketua) dan Reny Marlina Un (Sekretaris), menyatakan telah siap menyelenggarakan Musda. Sementara bursa kandidat ketua DPD pun terus berproses, dengan tensi politik yang relatif normal. Ketua DPD Demokrat NTT periode 2011-2016, Ir John Kaunang, MS, dipastikan maju bertarung lagi, dan sedang menguat, baik di DPP Partai Demokrat maupun di tingkat DPC se-NTT, meski ada riak politik yang berjuang menjegal mantan birokrat cerdas ini.

“Pak John Kaunang, Ketua DPD Partai Demokrat NTT, masih menjadi calon kuat untuk kembali memimpin Demokrat NTT. Tapi ada nama lain yang kami tahu dari media (koran), Jefry Riwu Kore, yang juga mencalonkan diri,” kata Ketua Panitia Pengarah Musda, Piet Yos Nuwa Wea pada konferensi pers di Kantor DPD Partai Demokrat NTT, Senin (23/5).

“Yang pasti Ketua DPD Demokrat NTT masih maju sebagai calon ketua,” tambah Sekretaris DPD Partai Demokrat NTT, Jonatan Kana.

Piet Nuwawea mengatakan, substansi digelarnya Musda adalah selain membahas laporan pertanggung jawaban Ketua DPD periode 2011-2016, dan membahas program kerja dan langka politik strategis ke depan, juga memilih ketua DPD masa bhakti lima tahun ke depan.

“Penjaringan calon ketua dilakukan oleh DPP Partai Demokrat, dan kami belum mengetahui nama calon ketua yang akan bertarung pada Musda ketiga ini. “Kami juga belum tahu, siapa saja calon yang akan bertarung,” kata mantan Bupati Ngada ini.

Namun, sebut dia, ada dua calon yang telah mendaftar ke DPP Partai Demokrat yakni Ketua DPD Demokrat NTT John Kaunang serta Jefri Riwu Kore. “Jefri kami hanya tahu dari media,” tegas Piet Yos Nuwawea.

Ketua Panitia Musda ketiga Demokrat NTT, Leo Lelo mengatakan, kesiapan sudah capai 80 persen, karena itu pihaknya optimis bisa dilaksanakan dengan aman dan lancar.

Musda ini akan dihadiri 16 perwakilan dari DPP Demokrat yang dipimpin Ketua Badan Pembina Organisasi, Kelembagaan dan Kaderisasi (OKK), Pramono Edhie Wibowo, serta para ketua DPC di 22 kabupaten/kota, serta tim peninjau yakni sekretaris DPC dari 22 kabupaten/kota dan 63 anggota DPRD se-NTT. “Kami perkirakan sebanyak 250 orang akan hadir saat musda itu,” kata Leo Lelo.

Ia menambahkan, dari jumlah itu hanya para ketua DPP, DPD dan DPC Demokrat yang punya hak pilih pada Musda, sedangkan sisanya sebagai peninjau. “Ada empat pelaksana tugas (Plt) yang juga punya hak pilih yakni Alor, Rote, Malaka dan Ngada,” ujarnya. (jdz)

Foto : Ketua DPD Pertai Demokrat NTT, Ir John Kaunang, MS.