Gab Kotan Minta Dana ABPD I untuk Hanus di Lembata

by -45 views

Kupang, mediantt.com – Akhir tahun 2016, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), dijadwalkan berkunjung ke Lembata, yang dipercayakan Dewan Kelautan Indonesia (Dekin) menjadi tuan rumah Hari Nusantara (Hanus). Pemerintah Kabupaten Lembata pun telah melakukan persiapan sejak 2015, termasuk mengalokasikan anggaran sebesar Rp 20 miliar. Namun hingga saat ini, belum ada kepastian berapa alokasi dana dari APBD I NTT untuk hajatan berskala nasional tersebut.

Karena itu, anggota DPRD NTT dari Dapil Lembata, Flotim dan Alor, Gabriel Suku Kotan, meminta pemerintah provinsi NTT mengalokasikan anggaran untuk turut mensukseskan Hanus di Lembata yang dihadiri oleh Presiden.

“Lembata akan menjadi tuan rumah Hari Nusantara, pada 13 Desember 2015. Pemkab Lembata sudah alokasikan anggaran sekitar Rp 20 miliar. Tapi sampai saat ini provinsi belum memberi sinyal berapa dana yang dialokasikan. Karena itu kepada Bapa Gubernur NTT saya minta perhatian untuk bisa mengalokasikan anggaran untuk Hanus di Lembata,” kata Gab Kotan dalam rapat paripurna DPRD NTT dengan agenda penutupan masa sidang 1 dan pembukaan masa sidang 2 DPRD NTT tahun 2016, Senin (9/5).

Menurut Gab, puncak Hari Nusantara yang dipusatkan di Lembata adalah juga tanggungjawab pemerintah provinsi NTT. Karena itu, Pemprov NTT harus membantu pemkab Lembata mensukseskan hajatan bserskala nasional ini, termasuk mengalokasikan anggaran dari APBD I NTT. “APBD Lembata sudah siapkan sekitar Rp 20 miliar, dari APBN kabarnya sekitar 29 miliar, kita minta provinsi juga mengalokasikan anggaran,” harap politisi Partai Demokrat ini, yang juga bakal calon wabup Lembata.

Sekadar tahu, Dewan kelautan Indonesia (Dekin) menetapkan Lembata menjadi tuan rumah Hari Nusantara (Harnus) pada 13 Desember 2016. Presiden Jokowi dipastikan hadir.

Hal tersebut disampaikan Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur, ketika ditemui di Lewoleba, pekan lalu. Bupati Sunur dikonfirmasi soal rencana Dewan Kelautan Indonesia (Dekin) menjadikan Lembata sebagai tuan rumah acara akbar tersebut.

Gagasan Lembata jadi tuan rumah puncak Harnus itu lahir ketika Sekretaris Dekin, berkunjung ke Lembata, beberapa waktu lalu.Dalam kunjungan itu, Sekretaris Dekin juga memaparkan sekilas tentang misi yang diemban lembaga tersebut.

Salah satunya, adalah memacu daerah-daerah yang baru otonom, seperti Kabupaten Lembata, menjadi lebih cepat berkembang seperti kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

Berdasarkan spirit itulah Lembata masuk menjadi salah satu daerah yang menjadi prioritas sebagai tuan rumah acara tersebut. (jdz)

Foto : Gabriel Suku Kotan bersama pengurus DPP Partai Demokrat dalam Pelatihan Kader Utama di Bogor, beberapa waktu lalu.