Kementan Cetak Sawah 4.375 Hektare di NTT

by -60 views

Kupang, mediantt.com – Kementerian Pertanian dan Perkebunan (Kementan) RI punya kiat khusus meningkatkan hasil produksi di NTT. Caranya, bekerjasama dengan TNI Angkatan Darat membuka lahan seluas 4.375 hektare di Desa Nunkurus, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, tahun 2016.

“Saat ini NTT masih mengalami berbagai kekurangan. Untuk itu, dengan dibukanya lahan seluas 4.375 Ha dapat mengatasi berbagai masalah di NTT,” kata Lebu Raya saat pencanangan cetak sawah di Desa Nunkurus, Kamis (28/1).

Lebu Raya juga meminta agar masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik untuk dapat meningkatkan produksi padi, jagung dan kedelai.

“Manfaatkan dengan baik dan olah dengan baik agar bisa tingkatkan produksi. Semangat kerja diperlukan agar masalah diatasi,” ajak Lebu Raya.

Menurut dia, lahan seluas ini diperlukan kecerdasan dalam pengolahan. “Semangat kerja perlu diutamakan. Jangan hanya bermalas-malasan dalam bekerja. Saat ini baru 4.375 ha. Rencananya 30.000 ha yang akan diolah menjadi sawah di 15 Kabupaten di NTT. Namun untuk sementara dilakukan di Desa Nunkurus, Kabupaten Kupang,” tegas Lebu Raya.

Danrem 161 Wirasakti Kupang, Brigjen TNI Heri Wiranto, mengatakan, TNI-AD memiliki tanggungjawab besar dalam menyukseskan program ini, terutama membantu maayarakat Desa Nunkurus dalam mengolah lahan seluas 4.375 ha.

Menurut Wiranto, TNI memiliki peran penting dimana selalu bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat dan pemerintah dalam menyukseskan program swasembada.

“TNI akan bekerja sama dengan masyarakat NTT untuk sukseskan program swasembada beras oleh pemerintah. Mari bersama-sama bergandengan tangan untuk wujudkan program pemerintah,” kata Wiranto.

Untuk itu, katanya, diharapkan Babinasa yang bertugas di Desa Nunkurus proaktif dan bekerja sama dengan masyarakat dalam mengolah lahan seluas 4.375 Ha untuk bisa meningkatkan produksi jagung, beras dan kedelai.

Pemerintah Kabupaten Kupang melalui Sekda Hendrik Paut mengaku bahwa ini merupakan kepercayaan bagi masyarakat Desa Nunkurus.

Untul itu, kata dia, kepercayaan pemerintah pusat ini akan dijaga dengan menjaga serta mengolah lahan tersebut sehingga program swasembada beras dapat terwujud.

Saat ini, sebut dia, lahan yang tersedia di Desa Nunkurus melebihi lahan yang kini hendak dibuka sebagai lahan sawah.

“Di Desa Nunkurus masih banyak lahan yang kosong. Melalui program ini kami masyarakat Kabupaten Kupang akan berupaya untuk mewujudkan program pemerintah,” kata Sekda. (che)

Foto : Gubernur Frans Lebu Raya bersama sejumlah pejabat pose bersama usai pencanangan cetak sawah di Desa Nunkurus, Kabupaten Kupang.