Prajurit TNI Dihimbau Jaga Toleransi di NTT

by -67 views

Kupang, mediantt.com – Keluarga besar Korem 161/Wirasakti Kupang, menggelar Natal Bersama. Seluruh prajurit TNI Angkatan Darat dihimbau untuk selalu menjaga toleransi dalam hidup bermasyarakat di NTT, sekaligus menjadi pelopor perdamaian di tengah masyarakat NTT.

Itulah pesan yang disampaikan Danrem 161/Wirasakti Kupang, Brigjen TNI Heri Wiranto,pada acara Natal Bersama di Makorem Kupang, Rabu (27/1).

“TNI-AD juga dapat mengutamakan hidup rukun, saling menghargai dan menghormati satu dengan yang lain dalam mempererat hubungan persaudaraan. Jadi, saya minta seluruh prajurit TNI-AD dapat menjadi pelopor kedamaian dan menjaga kerukunan di tengah masyarakat,” tegas Heri Wiranto, Rabu (27/1).

Ia berharap, semangat natal ini semakin meningkatkan sinergitas antara TNI dan Polri dengan masyarakat dalam menjaga wilayah NTT tetap dalam situasi kondusif.

Sekretaris Keuskupan Agung Kupang, Rm. Yono mengatakan, Natal bukanlah sebagai sebuah tradisi yang mengandalkan emosi jiwa, tetapi harus dimaknai sebagai tanda sukacita yang lahir dari dalam hati.

“Kasih Karunia Allah melalui kelahiran Yesus Kristus menjadi sebuah kesempatan bagi kita umat manusia untuk mendapatkan pengampunan Tuhan, dan kasih itu harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Rm. Yono.

Menurut dia, setiap umat manusia harus mampu menjadikan natal sebagai sebuah kesempatan untuk merubah perilaku menyimpang dan memperbaiki diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat, Bartol Badar, yang mewakili Gubernur NTT dalam sambutan mengatakan, masyarakat NTT dengan khas sebagai masyarakat berbudaya, dan rasa saling menghargai dan menghormati telah menjadi tradisi yang merupakan kekuatan bagi NTT dalam membangun.

“Pemerintah akan mendorong masyarakat untuk tetap menjaga semangat kebersamaan dalam hidup bermasyarakat, serta tidak mudah terpengaruh dengan berbagai isu yang mengancam keutuhan bangsa,” jelas Badar.

Ia berharap, dengan adanya sinergitas dengan TNI dan Polri, masyarakat NTT tetap berada dalam semangat yang sama dalam menangkal berbagai pengaruh dari luar serta menjaga keutuhan NKRI.

Turut hadir dalam perayaan natal tersebut Danlantamal VII Brigjen TNI (Mar) Hari Siswoyo Santoso, Wakapolda NTT Kombes Pol Sumartono Joachanan, Sekot Kupang Bernadus Benu, Kepala Biro Kesra Bartol Badar, perwakilan Danlanud El Tari, Dandim 1604/Kupang Letkol Inf Subar, serta sejumlah pejabat yang hadir. (che)

Foto : Danrem 161 Wirasakti Kupang, Brigjen TNI Heri Wiranto.