Fraksi Nasdem Dorong Bupati Sikka Ganti Sekda Sikka

by -21 views

Maumere, Mediantt.com – Kinerja Sekda Sikka Valentinus Sili Tupen mendapat sorotan tajam dari Fraksi Partai Nasdem DPRD Sikka. Siflan Angi selaku Ketua Fraksi Partai Nasdem mendorong Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera untuk mengusulkan pergantian Sekda Sikka.

Sikap kritis ini disampaikan Siflan Angi dalam rapat paripurna, Selasa (26/1), yang dihadiri Wakil Bupati Sikka Paolus Nong Susar dan sejumlah pejabat Pemkab Sikka. Rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Sikka Donatus David, membahas penetapan kalender kerja DPRD Sikka tahun 2016, serta dua buah rancangan peraturan daerah yang diajukan pemerintah.

Usul pergantian Sekda Sikka ini berawal dari pernyataan Valentinus Sili Tupen saat rapat rasionalisasi setelah asistensi APBD 2016. Saat itu Valentinus Sili Tupen menyentil bahwa anggota DPRD Sikka harus santun dalam memberikan pernyataan atau pun keterangan di provinsi. Sentilan ini rupanya membuat panas Fraksi Partai Nasdem.

“Saudara Sekda maunya apa? Apa salah kalau kita sampaikan kondisi Sikka apa adanya? Apa salah kalau anggota Badan Anggaran DPRD Sikka bicara secara terbuka supaya kinerja kita harus transparan? Kalau saudara Sekda mau supaya anggota DPRD tidak boleh bicara terbuka, dan harus tertutup, hemat Fraksi, ini bahaya untuk Kabupaten Sikka ke depan,” kecam Siflan Angi, yang sudah tiga periode menjadi wakil rakyat.

Fraksi Nasdem pun mendorong Bupati Ansar Rera agar mengusulkan pergantian Sekda Sikka kepada Gubernur NTT. Fraksi ini meminta agar Sekda Sikka diganti dengan putera-putera terbaik Kabupaten Sikka. Siflan Angi juga mengajak fraksi-fraksi lain agar bersama-sama menghadap Gubernur NTT guna membicarakan usulan pergantian Sekda Sikka.

Sekda Sikka Valentinus Sili Tupen belum sempat dikonfirmasi terkait usulan pergantian dirinya yang diwacanakan Fraksi Partai Nasdem. Saat rapat paripurna ini, Valentinus Sili Tupen tidak hadir. Kursi yang disediakan khusus untuk Sekda Sikka tampak kosong.

Wakil Bupati Paolus Nong Susar yang dihubungi usai rapat paripurna, menegaskan, pergantian Sekda menjadi wewenang penuh Gubernur NTT. Mekanismenya, kata dia, bupati akan mengajukan usulan pergantian Sekda, dan selanjutnya usulan tersebut menjadi wewenang gubernur.

Disinggung soal usulan Fraksi Partai Nasdem untuk menggantikan Sekda Sikka, Wakil Bupati menanggapinya diplomatis saja. “Kalau memang butuh penyegaran, bisa saja Sekda Sikka diganti. Kalau pun ada pergantian, kemungkinan besar pejabat-pejabat dari kabupaten lain yang ditunjuk sebagai Sekda Sikka,” katanya.

Sekda Sikka Valentinus Sili Tupen sudah cukup lama bertugas di Sikka, kira-kira sudah lebih dari 4 tahun, ketika Sikka masih dipimpin Bupati Sosimus Mitang. Dia ditunjuk Gubernur NTT Frans Lebu Raya menggantikan Sabinus Nabu, yang saat itu memasuki masa pensiun. (vicky da gomez)

Foto: Ketua Fraksi Partai Nasdem Siflan Angi