Perupa Indonesia Melukis di Kota Kupang dan Kolbano

by -200 views

Kupang, mediantt.com — Temu Karya Taman Budaya se-Indonesia yang digelar di Kupang, Rabu (9/9/2015), menampilkan para perupa dari seluruh provinsi di Indonesia. Tercatat ada 113 perupa yang tampil di ajang tersebut. Jumlah itu merupakan bagian dari 453 peserta ajang ini termasuk dari lima kabupaten di Nusa Tenggara Timur.

Mereka menggelar aksi melukis di sejumlah lokasi di Kota Kupang sebelum melukis pada dinding sepanjang sekitar 100 meter yang diletakan di pintu masuk gedung Budaya NTT. Para perupa juga akan melukis di lokasi wisata Kolbano di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Selain itu, juga ditampilkan prosesi pakaian adat dari seluruh provinsi serta pagelaran seni tari dan fotografi. Kegiatan ini akan berlangsung hingga Sabtu, 12 September 2015.

Direktur Kesenian, Direktorat Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Endang Caturwati dalam sambutannya mengatakan, temu karya taman budaya budaya tersebut masih merupakan kelanjutan dari temu budaya yang pada tahun sebelumnya digelar di Jambi.

“Kegiatan ini mendorong kita semakin mencintai keanekaragaman budaya untuk memperkuat karakter bangsa,” ujarnya. Ia berharap kegiatan ini semakin menumbuhkan minat generasi muda di bidang melukis.

Kegiatan yang dibuka Gubernur Nusa Tenggara Timur ini diawali dengan tarian Soka Toja dan Cerana untuk menyambut tamu, diiringi musik Sasando yang dipetik oleh sejumlah perempuan, dikuti pementasan ‘Tau Kaleti Djara’ dari Pulau Sumba, yang mengambarkan keperkasaan para pria dari daerah tersebut. (jdz)

Ket Foto : Atraksi para seniman berjudul ‘Bersih-bersih Indonesiaku’ di arena Temu Karya Taman Budaya se-Indonesia, di Taman Budaya NTT, Rabu (9/9/2015).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *