Resmi! Buwas Dicopot dari Kabareskrim Polri

by -137 views

JAKARTA — Spekulasi kabar tentang pencopotan Budi Waseso dari Kabareskrim Polri akhirnya terbukti. Kini, perwira tinggi Polri berpangkat komisaris jenderal itu resmi diberhentikan dari jabatan Kabareskrim.

Buwas -sapaan Budi Waseso- digeser menjadi kepala pelaksana harian (kalahar) Badan Narkotika Nasional (BNN) menggantikan Komjen Anang Iskandar. Selanjutnya, Anang menempati posisi Kabareskrim yang ditinggalkan Buwas.

Rencananya, Jumat (4/9) Kapolri Jenderal Badrodin Haiti akan mengumumkan pergantian Kabareskrim. “Ya, diumumkan segera besok (hari ini, red),” ujar  Badrodin melalui layanan pesan singkat ke wartawab, Kamis (3/9) malam.

Namun, Anang mengaku belum mengetahui informasi itu. Alasannya, ia baru saja naik pesawat dari luar negeri. “Saya cek dulu,” katanya.

Saat ditanya tentang kesiapan menjadi Kabareskrim, Anang meminta waktu untuk menjawabnya. “Besok yah,” katanya kepada Jawa Pos.

Namun Badrodin belum menjawab alasan dan mengapa Buwas akhirnya benar-benar di rotasi. Jenderal bintang empat itu juga tidak menjawab kapan serah terimajabatan itu digelar.

Sebelumnya, ‎seperti diberitakan, supaya sama-sama elegan, maka Buwas dipindah ke pos yang sama-sama bisa melakukan penindakan dan penegakan hukum. “Maka nama Pak Anang muncul untuk menggantikan Pak Buwas. Berganti posisi untuk kebutuhan organisasi,” kata seorang sumber di Mabes Polri sebelumnya.

Anang adalah lulusan Akpol 82 seangkatan dengan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti sedangkan Buwas lulusan Akpol 1984. Anang, yang secara tipikal dikenal tenang dan kalem, pernah menjabat Kapolres Metro Jakarta Timur dan juga Kapolwiltabes Surabaya.

Bintang satu di pundaknya semakin bersinar saat Anang menjabat Kapolda Jambi sebelum kemudian bintangnya bertambah menjadi dua saat dia menjabat sebagai Kadiv Humas Polri.

Buwas sendiri sudah memberi sinyal jika dirinya bisa jadi akan dimutasi atau dirotasi. Dia menolak menggunakan istilah “pencopotan.”

“Tidak ada istilah pencopotan. Kalau toh ada, itu penggantian dan sifatnya adalah mutasi, cross area, untuk kepentingan personel Polri dan organisasi itu sendiri,” kata Buwas yang mengaku ikhlas.

Di BNN ‘gairah’ Buwas untuk melakukan penegakan ‎hukum bisa tersalurkan. BNN berwenang melakukanpenyelidikan dan penyidikan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Sejak Rabu (2/9) pagi memang sudah santer kabar yang menyebut Buwas dicopot. Langkahnya bersama Bareskrim Polri mengungkap kasus korupsi besar di sejumlah institusi dianggap membuat kegaduhan yang ta kondusif bagi kondisi perekonomian saat ini. (jp/sp/jdz)

Foto : Budi Waseso 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments