Menang Adu Penalti, Argentina ke Semifinal

by -37 views

VINA DEL MAR — Argentina melaju ke semifinal Copa America setelah menaklukkan Kolombia lewat adu penalti dengan skor 5-4 dalam laga di Stadion Sausalito, Vina del Mar, Jumat (26/6/2015) atau Sabtu pagi WIB. Partai ini harus dilanjutkan dengan adu tendangan dari jarak 11 meter setelah setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol dalam 2 x 45 menit.

Dalam adu penalti, hanya empat pemain Kolombia yang berhasil melaksanakan tugasnya yaitu James Rodriguez, Radamel Falcao, Juan Cadrado, Edwin Carbona. Sementara Juan Zuniga, Jeison Murillo, dan Luis Muriel gagal.

Sementara di kubu Argentina, lima pemain Lionel Messi, Ezequiel Garay, Ever Banega, Ezequiel Lavezzi, dan Carlos Tevez berhasil memperdaya kiper Ospina. Hanya dua yang gagal menunaikan tugas yakni Lucas Biglia dan Marcos Rojo.

Di semifinal, Argentina akan bertemu pemenang pertandingan Brasil melawan Paraguay yang berlangsung Sabtu waktu setempat atau Minggu dini hari WIB.

Argentina sebenarnya menguasai pertandingan ini. Mereka berhasil membuat banyakpeluang namun selalu gagal membuahkan gol. Kesigapan kiper David Ospina ikut menjadi faktor utama kegagalan “Albiceleste” menjebol gawang Kolombia.

Pertandingan juga sering terhenti karena banyaknya pelanggaran yang terjadi. Wasit Roberto García Orozco pun harus bekerja keras memimpin jalannya pertandingan ini. Para pemain Kolombia juga tak membiarkan bintang Argentina, Lionel Messi, leluasa bergerak. Penyerang Barcelona ini kerap dijegal.

Pengadil asal Meksiko ini harus mengeluarkan enam kartu kuning pada babak pertama. Di kubu Argentina ada Sergio Aguero dan Javier Mascherano yang mendapatkannya. Sementara di kubu Kolombia kartu kuning diberikan untuk James Rodriguez, Alexander Mejia, Santiago Arias, dan Juan Cuadrado. Di babak kedua, giliran striker Kolombia, Radamel Falcao, juga diganjar kartu yang sama.

Pertandingan babak kedua sempat terhenti pada menit ke-52 ketika kiper Kolombia, Ospina bertabrakan dengan sayap Argentina, Di Maria. Setelah kejadian itu kedua pemain sama-sama terbaring dan harus mendapat perawatan.

Insiden bermula dari umpan jarak jauh yang dikirim Messi ke depan gawang Kolombia. Di Maria berusaha mengejar umpan itu namun Ospina berupaya membuang bola dengan menendangnya. Tabrakan pun terjadi sedikit di luar kotak penalti. Namun tak berapa lama kedua pemain bisa melanjutkan pertandingan.

Menit ke-67, Kolombia mendapat peluang pertamanya dalam pertandingan ini. Sebuah sepak pojok yang dikirim James Rodriguez ditanduk Victor Ibardo. Namun bola hasil sundulannya persis berada dalam pelukan kiper Sergio Romero.

Aguero yang gagal menampilkan performa terbaiknya dalam pertandingan ini akhirnya ditarik keluar pada menit ke-73. Striker Juventus, Carlos Tevez, masuk menggantikannya.

Satu menit kemudian, Kolombia juga melakukan pergantian pemain depan. Jackson Martinez dan digantikan Radamel Falcao.

Argentina nyaris saja mencetak gol ketika Nicolas Otamendi berhasil menyambut umpan sepak pojok dari Di Maria. Bola berhasil ditepis Ospina dengan menjatuhkan diri namun kemudian membentur gawang kemudian menyusur garis gawang. Otamendi berupaya menjangkau bola sambil menjatuhkan diri namun bola lebih dulu dibuang Juan Zuniga.

Argentina kembali nyaris menjebol gawang lawan pada menit ke-89. Ever Banega mengirim umpan jarak jauh untuk Tevez. Zapata berupaya memotong bola namun kemudian mengarah ke gawang sendiri. Namun Muriel berhasil menyapu bola meski Lavezzi berupaya menjangkaunya.

Setelah 90 menit pertandingan tak menghasilkan gol, laga akhirnya harus dilanjutkan dengan adu penalti. Argentina melaju ke empat besar dengan Tevez menjadi penentu kemenangan. (beritasatu.com)

Susunan pemain:

Argentina (4-3-3): 1. Sergio Romero ; 4. Pablo Zabaleta, 17. Nicola Otamendi, 2. Ezequiel Garay, 16. Marcos Rojo; 6. Lucas Biglia, 14. Javier Mascherano, 21. Javier Pastore (19. Ever Banega 77); 10. Lionel Messi, 11. Sergio Aguero (18. Carlos Tevez 73), 7. Ángel Di Maria (22. Ezequiel Lavezzi 87).

Pelatih: Gerardo Martino

Kolombia (4-4-2): 1. David Ospina; 2. Cristian Zapata, 22. Jeison Murillo, 18. Juan Zuniga, 4. Santiago Arias; 10. James Rodríguez, 15. Alexander Mejia, 16. Victor Ibarbo (20. Luis Muriel 85), 11. Juan Cuadrado; 19. Teofilo Gutierrez (8. Edwin Cardona 24), 21. Jackson Martinez.

Pelatih: Jose Pekerman.

Ket Foto : Striker Argentina Lionel Messi (tengah) menguasai bola dan berusaha direbut pemain Kolombia Santiago Arias dan Alexander Mejia (kanan) saat laga permpat finalm Copa America 2015, di Stadion Sausalito, Vina del Mar Cile, 27 Juni 2015.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments