Sah! Presiden Jokowi Resmi Punya Menantu

by -57 views

SOLO — Prosesi pernikahan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming dengan Putri Solo 2009, Selvi Ananda mencapai puncaknya, Kamis (11/6). Dua prosesi yang paling ditunggu, yakni ijab kabul atau akad nikah dan resepsi, hari ini berlangsung. Calon mempelai perempuan, Selvi Ananda datang ke lokasi akad nikah dengan mengendarai kereta kuda. Mantan Putri Solo 2009 itu tampak anggun berkebaya putih. Senyumnya selalu mengembang saat akan memasuki gedung tempat digelarnya akad nikah.

Presiden Jokowi beserta ibu negara Iriana Jokowi dan kedua adik Gibran tampak ikut menyertai prosesi akad ijab kabul tersebut. Sejumlah anggota keluarga besar presiden juga hadir. Dari pihak pengantin putri, juga terlihat ayah-ibu Selvi bersama keluarga besar mereka. Beberapa pejabat yang ikut menyaksikan jalannya akad nikah di antaranya adalah mantan Presiden Megawati Soekarnoputri, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Wakapolri Jenderal Budi Gunawan, dan Mensesneg Praktino. Mereka terlihat mengikuti prosesi dengan khidmat.

Bertindak sebagai penghulu adalah Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Banjarsari, Muchtarozi. Sebelumnya Didit Supriyadi, ayah mempelai perempuan memang telah meminta agar Muchtarozi yang menikahkan putrinya. Sekitar pukul 09.00 WIB, prosesi akad nikah yang berlangsung di ruang transit Gedung Graha Saba Buana pun dimulai dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran.

Meski jauh-jauh hari sebelum akad nikah seluruh persyaratan pernikahan sudah dilengkapi Gibran dan Selvi, namun sebelum ijab kabul dilakukan, Muchtarozi tetap melakukan pemeriksaan kembali berkas tersebut. Pemeriksaan ulang berkas-berkas di hadapan mempelai dan saksi merupakan prosedur standar yang harus dilakukan oleh setiap pencatat pernikahan. Penghulu meminta dua orang saksi untuk turut menyaksikan keabasahan persyaratan pernikahan tersebut.

Dua orang saksi pernikahan adalah Purboyono dari pihak keluarga mempelai putri dan Ahyani, dari mempelai laki-laki. Berbeda dengan keluarga Selvi yang memilih anggota keluarga besarnya sebagai saksi pernikahan, keluarga Jokowi meminta Ketua RT 08 RW VII, Ahyani sebagai saksi. “Pak RT itu kan juga tokoh masyarakat,” kata Presiden Jokowi, Rabu (10/6) malam.

Sebelumnya, staf pribadi Jokowi, Anggit Nugroho mengatakan Presiden Jokowi maupun putranya memang menghendaki orang yang menjadi saksi pernikahan adalah orang yang sudah mengenal keluarganya. Ahyani yang menjadi ketua RT di lingkungan kediaman presiden dinilai mengenal keluarga Jokowi. Dari penelusuran yang kami lakukan, Ahyani yang rumahnya berseberangan dengan rumah Jokowi ternyata juga pernah menjadi anak buah Jokowi saat Jokowi menjabat sebagai wali kota. “Sekarang Ahyani menjadi kepala Bappeda Kota Surakarta,” kata Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Pembacaan ijab kabul pun berjalan lancar. Janji suci diucapkan Gibran dengan sekali tarikan napas panjang. “Saya nikahkan Gibran Rakabuming Raka bin Insinyur Joko Widodo dengan Selvi Ananda binti Didit Supriyadi dengan mas kawin seperangkat alat salat,’ kata penghulu, Mukhtaroji. Gibran langsung menjawab “Saya terima nikahnya Selvi Ananda binti Didit Supriyadi dengan mas kawin seperangkat alat Salat,” jawab Gibran.

Atas ijab kabul tersebut, penghulu menanyakan kepada saksi dan tamu apakah pernikahan telah sah dan dijawab dengan serentak, sah. “Dengan demikian, sejak hari ini Kamis Legi, 11 Juni 2015 mempelai berdua sah dan resmi menjadi suami istri. Sah secara syari dan sah secara hukum negara,” kata Mukhtaroji.

Usai mengucapkan ijab kabul dan penandantanganan buku nikah, pimpinan Pondok Pesantren Al Quranyy Azzayyadi, KH Abdul Karim Ahmad Al-Hafiz ditunjuk sebagai pembawa khotbah nikah dan doa nikah.

Setelah prosesi akad nikah, prosesi selanjutnya adalah resepsi. Calon pengantin akan pulang terlebih dahulu ke kediaman presiden untuk ganti busana. Resepsi pernikahan Gibran-Selvi dilaksanakan dalam dua sesi, yakni sesi siang dan sesi malam.

Pada sesi siang, dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, tamu undangan mendapatkan suguhan peristiwa kultural yang mulai jarang disaksikan dalam perhelatan perkawinan, yakni upacara adat. Meski diselenggarakan dalam waktu singkat, namun menurut Umiyatsih, salah satu pembawa acara prosesi, pernikahan ini terbilang lengkap.

“Dimulai dari panggih, keudian balangan suruh, ngindak endog dan mijiki, timbangan, kacar-kucur, dulangan hingga sungkeman akan dilakukan. Saya bisa bilang prosesinya adat Jawa yang lengkap,” kata Umiyatsih, satu dari empat pembawa acara dalam prosesi pernikahan Gibran-Selvi.

Terima Kasih Rakyat Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia atas doa restu yang diberikan pada pernikahan putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jawa Tengah, Kamis (11/6).

Gibran Rakabumi Raka (27) menikahi Putri Solo 2009, Selvi Ananda (26). Akad nikah digelar pada pukul 09.00 WIB di Graha Saba Buana.

“Alhamdulillah, lancar dan berkat doa restu seluruh rakyat Indonesia. Sekali lagi, saya dan keluaga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi berharap Gibran dan Selvi dapat hidup mandiri, hidup bahagia, dan tidak merepotkan orang tua. (beritasatu.com/sp)

Foto : Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka (kedua kiri) dan istri Selvi Ananda (kedua kanan) menunjukkan cincin pernikahan mereka seusai prosesi akad nikah di Gedung Graha Saba, Solo, Jawa Tengah, 11 Juni 2015.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments