O2SN dan FLS2N Alor Rebut Handayani Cup III

by -22 views

Kalabahi, mediantt.com — Ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kabupaten Alor tahun 2015 digelar di Moru, Kecamatan Alor Barat Daya (Abad). 16 Kecamatan dipastikan terlibat dalam perebutan piala Handayani Cup III yang dihelat tanggal 3-8 Juni 2015. Pembukaan O2SN kali ini dipadukan dengan minum madu hutan berkualitas di dunia bagi sebelas ribu lebih peserta.

Ketua panitia O2SN tahun 2015, Yusup A Kafelegi,SH, Rabu (3/5/2015) mengatakan, kegiatan ini untuk mengembangkan dan meningkatkan prestasi non akademik pelajar. Maka sebagaimana amanat regulasi nasional dan daerah di bidang Pendidikan dan Kebudayaan, tahun 2015 ini Kemendikbud RI, Dinas P dan K Propinsi, Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia secara serempak menyelenggarakan O2SN dan FLS2N.

Kafelegi menjelaskan, kegiatan ini berlangsung secara berjenjang mulai dari tingkat satuan pendidikan, inti/gugus, tingkat kecamatan, kabupaten/kota, propinsi maupun Nasional. Momentum O2SN dan FLS2N, sebut dia, yang dimulai tahun 2006 hingga kini, telah secara signifikan berkontribusi terhadap upaya peningkatan bakat, minat dan prestasi pelajar Indonesia di even Nasional maupun Internasional, yang kemudian mendapat apresiasi positif dari pemerintah dan masyarakat di semua aras.

Ia merinci, cabang-cabang olahraga yang akan dilombakan dalam kegiatan ini yakni, untuk tingkat SD adalah atletik nomor spring/gawang, loncat katak, lempar lembing turbo, formula I, senam, catur (putra/i), bulu tangkis (putra/i), renang (nomor 50 meter dan 100 m) gaya bebas, no 50 m gaya punggung, no 50/100 gaya dada dan no 50 m gaya kupu-kupu), tenis meja (tunggal putra/i) dan karate (tunggal putra/i).

Pada tingkat SMP, atletik (no lari 100 m), lompat jauh, lempar lembing dan tolak peluru putra/i, renang (no 50/100 m) gaya bebas, no 50 m gaya punggung, no 50/100 gaya dada dan 50 m gaya kupu-kupu, bola volly (beregu putra/i), bulu tangkis (tunggal putra/i), pencak silat (perorangan putra/putri), karate (perorangan putra/i), tenis meja (putra/i) dan catur (standar putra/i).

Sementara cabang olahraga pada tingkat SMA, atletik (no lari 100 m putra/i), tenis meja (tunggal putra/i), bulu tangkis (tunggal putra/i) dan pencak silat (perorangan putra/i). Sedangkan kegiatan yang dilombakan pada FLS2N yakni, lomba lagu daerah perorangan putra/i, suling, tabuh gong, berbalas pantun, vokal group, seni tari, musik tradisional, baca al-qur an, cipta cerpen, kreatifitas cerita berbahasa Inggris, baca puisi, design poster, tari berpasangan, film pendek, kria dan paduan suara khusus untuk guru dan kepala sekolah.

Bupati Alor, Drs. Amon Djobo dalam sambutannya menyatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan ditandai minum madu hutan. Menurut dia, madu tidak saja dijual secara manual tetapi sekarang sudah dikemas menjadi minuman berkualitas. Dia berharap, kegiatan ini terlaksana dengan baik agar menghasilkan generasi yang tangguh untuk memperkuat sejarah. “IPM kita diharapkan tetap pada peringkat ke 2 atau 3 di NTT. 10-15 tahun ke depan, generasi Alor akan menjadi generasi yang tangguh terhadap siapa pun pemimpinnya,” ucapnya.

Bupati Djobo menegaskan, kegiatan ini murni ajang tahunan, karena itu jangan dicampuradukan dalam urusan politik. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada para kepala sekolah bersama guru atas terlaksananya kegiatan Ujian Nasional (UN), yang baru saja dilewati dengan penuh damai. (joka)

Foto : Ketua Panitia O2SN dan FLS2N, Yusup A. Kafelegi,SH menyerahkan piala Handayani Cup III kepada Bupati Alor, Drs. Amon Djobo untuk diperebutkan.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments