Promo Pariwisata Alor, PDE-Dinas Pariwisata Bikin Website

by -34 views

Kalabahi, mediantt.com — Kabupaten Alor menjadi salah satu destinasi pariwisata karena potensi pariwisatanya yang mempesona, namun masih perlu lagi dilakukan promosi ke dunia luar. Karena itu, saat ini UPT Pengelola Data Elektronik (PDE) pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparek) Alor, membangun jaringan website.

Kepala Disparek Alor, Dra. Hj. Sri Inang Ananda Enga yang ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (22/5/2015) menjelaskan, pihaknya bersama UPT PDE sudah menandatangani Nota Kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU), yang dilakukan di Restoran Mama Kadelang, Rabu (20/5). Menurut dia, setelah penandatanganan MoU, PDE sudah bisa segera melakukan rancangan Website. “Dengan adanya Website, Disparek Alor tidak saja melakukan kegiatan expo dan pameran, tetapi lebih dari itu, bisa mempromosikan potensi pariwisata kepada dunia luar melalui Website,” tandasnya.

Enga menyebutkan, setelah membuat rancangan (Master) Website, pihak PDE juga memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada staf Disparek, sehingga nantinya staf dapat melakukan update konten dalam website secara kontinyu. “Rencananya Website ini akan dilaunching bersamaan dengan pembukaan kegiatan Expo Alor bulan Agustus nanti,” katanya.

Kepala UPT PDE Dishubkominfo Kabupaten Alor, Manoak Boling Sau,ST menyambut baik harapan Disparek untuk membuat master Website. Menurut dia, promosi pariwisata Alor kepada dunia luar melalui Website ini merupakan sebuah langkah positif yang perlu diapresiasi.

Menurut dia, sesuai Permen Kominfo Nomor 28 Tahun 2008 tentang Pemberian Nama Domain go.id, Website Pemerintah paling tidak mempunyai konten profile, yang didalamnya berisi visi-misi, tugas pokok dan fungsi, program dan struktur organisasi. “Nantinya dalam mendesain website akan memuat visi-misi, tugas pokok dan fungsi, struktur organisasi pejabat, info wisata, data base wisata, peta wisata, fasilitas umum, group seni dan sebagainya,” katanya.

Ia juga menyebutkan, media promosi yang paling sederhana dan tidak menelan biaya tinggi adalah melalui Website. Karena melalui website, pariwisata Alor bukan hanya dilihat oleh orang Alor, tetapi dilihat oleh semua orang di seluruh dunia. “Saya harap semoga SKPD lain di lingkup Pemkab Alor juga bisa membangun Websitenya, agar semua program unggulan serta profile SKPD dapat dilihat dan diketahui oleh semua orang,” kata Boling Sau, dan menambahkan, Bagian Hukum dan HAM Setda Alor juga sudah kerjasama dengan PDE bangun Website JDIH. (joka)

Foto : Kepala UPT PDE Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Alor, Manoak Boling Sau,ST.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments