Tak Ada Istilah Lulus dan Tidak Lulus di UN 2015

by -26 views

Jakarta РMendikbud Anies Baswedan telah menyampaikan jika Ujian Nasional (UN) tetap dilaksanakan tahun ini. Hanya saja tidak seperti tahun sebelumnya, tahun ini UN bukanlah satu-satunya indikator kelulusan.

Hal tersebut disampaikan Anies dalam jumpa pers di kantornya, Jl Jend Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (23/1/2015). UN hanya satu dari 8 Indikator yang bisa menjadi rujukan kelulusan.

“Kementerian menyadari kita tidak bisa menilai kinerja mutu pelayanan pendidikan semata-mata karena 1 indikator. Ada 8 standar pendidikan, UN hanya salah satu dari indikator itu,” ujar Anies.

Anies menjelaskan tak ada istilah lulus tidak lulus dalam pelaksanaan UN tahun ini. Adanya nilai capaian. Apakah setiap siswa sudah memenuhi nilai standar tersebut atau tidak.

“Saya ingin meluruskan, tidak ada lulus dan tidak lulus, adanya angka sudah mencapai atau belum. Jadi di situ letak perbedaannya. Kita menggeser dari hasil menilai jadi alat untuk belajar,” jelas Anies.

“Bukan sekedar menguji hasil belajar, tapi juga bagian pembelajaran. Ini dipercayakan kepada sekolah untuk menilai siswa secara lengkap. Hasil UN bisa untuk orang tua mengetahui posisi anak dibanding rata-rata sekolah maupun rata-rata nasional,” imbuhnya. (jk)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments