Petani Milenial dari Noemuti Terima Penghargaan Nasional, MLL: Dia Jadi Inspirasi untuk Anak Muda NTT

by -362 views

BOGOR – Derianus Snae, SP, seorang pemuda dari Desa Popnam, Kecamatan Noemuti, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), berhasil menorehkan prestasi gemilang dari Kementrian Pertanian RI. Derianus adalah penggagas dan pendiri kelompok Petani Milenial di Desa Popnam yang membawanya melejit hingga ke kancah Nasional melalui Desa Organik.

“Usaha pertanian organik ini berawal sebagai Pendamping Desa yang kemudian mengumpulkan modal sebesar Rp 30 juta dan dibantu oleh KUR BRI untuk pengembangan teknologi dan perluasan lahan. Dan kami mendapat saluran berkat dari Program TKM Kemenakertrans yang merupakan dana aspirasi dari Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Abang Emanuel Melkiades Laka Lena,” sebut Derianus Snae, Jumat (29/12/2023).

Dia menjelaskan, ia merintis usaha pertanian organik yang unggul bersama petani muda dan masyarakat. “Orientasi kita pada pemberdayaan sosial, ekonomi dan ekologi menjadi misi utama lahirnya Desa Organik dan saya sebagai ketua,” katanya.

Dia mengumpulkan anak-anak muda lulusan SMA dan SMK yang orang tuanya tidak mampu menyekolahkan di tingkat perguruan tinggi. “Saya ajak teman-teman muda ini sebanyak 20 orang di desa kami untuk menerapkan teknologi smart farming,” sebutnya.

Dalam mengembangkan usaha pertanian itu pihaknya sangat dibantu oleh Balai Pelatihan Peternakan dan Organisasi Petani Millenial. Hingga ia diutus dari Balai Pertanian dan Peternakan Provinsi NTT untuk mendapatkan Penghargaan dari Kementrian Pertanian RI di Watesjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada 28/12/2023.

Bahkan, hasil pertanian organik yang diproduksinya pernah diekspor hingga ke Timor Leste. “Tomat dari kebun kami ini pernah diekspor ke Timor Leste. Sehingga saya mengajak teman-teman muda agar jangan takut Bertani. Jangan lihat pekerjaan petani itu kotor dan kasar. Tetapi lihatlah dari hasil dan keuntungan yang diperoleh dari bertani,” ujar Derianus.

Secara terpisah, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena (MLL) yang dihubungi memberikan apresiasi kepada Derianus Snae yang berhasil mengukir prestasi gemilang tingkat Nasional melalui pertanian.

“Sosok Derianus ini menjadi inspirasi bagi anak-anak muda NTT agar mencintai dunia pertanian. Sektor pertanian juga menjadi lapangan pekerjaan yang menjamin masa depan anak-anak muda. Tinggal bagaimana kita punya kemauan, dan kami sebagai wakil masyarakat NTT di Senayan akan terus memberikan dukungan kepada anak-anak muda NTT agar terus mengembangkan sektor pertanian,” ujar Ketua DPD I Golkar NTT ini. (*/llt/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *