Perahu Motor Terbalik di Rote Selatan, Dua Orang Belum Ditemukan

by -2,206 views

Ilustrasi

KUPANG – Sebuah perahu motor yang berpenumpang 3 orang, Minggu (3/1/2021), tenggelam dihantam gelombang di perairan Pantai Hena, Rote Selatan, saat mencari ikan. Dari tiga penumpang tersebut, 1 orang berhasil selamat, sedangkan 2 lainnya belum ditemukan hingga Selasa (5/1/2021) sore.

Dikutip dari rakyatntt.com, sesuai rilis dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, laporan tenggelamnya perahu motor tersebut disampaikan oleh Kalak BPBD Kabupaten Rote Ndao, Diksel Haning.

Ketiga korban tersebut antara lain Stef Pello (44), Refly Pello (19), dan Firman Mbuik (46). Selanjutnya, Minggu (3/1/2021) sekitar pukul 21.45 Wita, diberangkatkan Tim Rescue Pos Unit Rote berjumlah 5 orang dengan menggunakan 1 unit Rescue D-Max dan Rubber Boat dilengkapi Palsar pendukung lainnya menuju lokasi kejadian guna melaksanakan operasi SAR.

Pukul 22.00 Wita, Tim Rescue tiba di lokasi dan langsung berkoodinasi dengan keluarga korban dan aparat desa setempat. Berdasarkan asesment lokasi dan cuaca yang tidak mendukung untuk operasi SAR malam hari, pencarian oleh Tim SAR Gabungan dihentikan sementara dan dilanjutkan pencarian pada Senin (4/1/2021) pukul 06.00 Wita.

Senin (4/1/2021) pukul 14.25 Wita, diberangkatkan RIB 10 Kupang dengan 8 (delapan) personil menuju Pulau Rote dengan jarak 51 NM dari Navigasi Kupang, radial arah Barat Daya 225° guna mendukung operasi SAR ini.

Operasi SAR ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Emi Frizer, S.E.,M.M.

Selanjutnya, Selasa (5/1/2021) pukul 06.00 Wita, Tim SAR Gabungan melakukan pencarian dengan penyisiran. Tim SAR Gabungan dibagi menjadi 3 SRU. SRU 1 melakukan penyisiran di perairan dengan menggunakan RIB Basarnas Kupang sedangkan SRU 2 melakukan pencarian melalui jalur udara didukung dengan pesawat Cesna 208B milik PT. Dimonim Air.

Untuk pencarian udara, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang didampingi oleh Danlanal Rote dan Dandim 1627 Rote, Rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang serta Crew Dimonim Air. SRU 3 melakukan pencarian dengan menyusuri tebing dan pantai.

Hingga pukul 18.00 Wita, operasi SAR dengan hasil sementara masih nihil.

Unsur SAR yang terlibat antara lain Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, ABK RIB Kupang, Pos Unit Siaga SAR Rote, Lanal Rote, Polsek Rote, Polair Rote, Kodim 1627 Rote, BPBD Rote, Camat Lobalain, Kades setempat, masyarakat setempat dan keluarga korban. (*/rnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *