JAKARTA – Masyarakat Indonesia tak lagi dipusingkan dengan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) berkat adanya fasilitas Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan, ADM ini membuat warga bisa mencetak berbagai kartu identitas yang dikeluarkan Dukcapil secara mandiri.

“ADM bisa mencetak KTP, akta kelahiran, akta kematian, kartu keluarga (KK), dan lain-lain dalam hitungan menit,” kata Tito usai peluncuran anjungan dukcapil mandiri (ADM) di Discovery Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Senin (25/11/2019) malam.

Tito menjelaskan, ADM dapat mempermudah layanan publik di Dukcapil yang selama ini terbilang sulit.

Saat meresmikan ADM tersebut, Tito mendemonstrasikan pembuatan KTP dengan alat tersebut. Ia tampak menginput beberapa data ke anjungan tersebut.

“Tadi saya sudah coba sendiri, lebih kurang 1,5 menit sudah bisa dilakukan dengan cepat, ini terobosan bagus,” tutur Tito.

Tito mendorong agar Dukcapil di setiap daerah bisa mengadakan ADM tersebut. Selain mempermudah, program tersebut bisa mengurangi potensi korupsi.

“Ini akan mempermudah pelayanan pada publik. Dengan hilangnya sentuhan antara petugas dengan masyarakat maka otomatis potensi korupsi itu hampir bisa dikatakan hilang,” ujar Tito. (brt1/jk)

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Peter Nawa Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Peter Nawa
Admin

Tes