Kerja Bareng Menangkan Teluk Maumere

by -221 views

KUPANG – Memasuki hari terakhir penutupan vote Anugerah Pesona Indonesia pada 31 Oktober lalu, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sikka yang dipimpin langsung oleh Bupati Yoseph Ansar Rera, gencar melakukan kampanye, mengajak semua masyarakat untuk terus melakukan vote bagi kemenangan Teluk Maumere. Sebab, Teluk Maumere masuk sebagai salah satu nominator Tempat Menyelam Terpopuler pada ajang Anugerah Pesona Indonesia tahun 2017.

Sesuai press release yang dikeluarkan Panitia API 2017 pekan lalu, Teluk Maumere berpeluang besar menjadi pemenang nominasi sebagai Tempat MenyelamTerpopuler di Indonesia pada ajang Anugerah Pesona Indonesia tahun 2017. Apalagi, posisinya berada No 2 dari beberapa pesaingnya.

Teluk Maumere memiliki keunikan tersendiri. Teluk Maumere menjadi ikon pariwisata Sikka sebagai Surga Bawah Laut, yang sudah terkenal dan mendunia sejak tahun 1980-an oleh Alamarhum Bapak Frans Seda. Dewasa ini,  dibawah kepemimpinan Bupati Yoseph Ansar Rera, sangat serius  menempatkan pariwisata sebagai lokomotif  pembangunan daerah di Kabupaten Sikka.

Disampaikannya bahwa, hanya dengan pariwisata maka Kabupaten Sikka dapat berdiri sejajar dengan kabupaten lainnya di Indonesia yang sudah maju. Hanya dengan pariwisatalah, masyarakat dapat termotivasi untuk lebih mencintai daerahnya dan ikut berpartisipasi dalam menciptakan lapangan pekerjaan sebagai dampak dari pariwisata yang berkembang maju. Dengan pariwisata, selain daerah ini dikenal, juga dapat mendatangkan investasi serta kunjungan wisatawan dan memberikan pemasukan nyata bagi daerah.

Maumere adalah sebuah kecamatan di kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.Pernah diguncang tsunami pada tahun 1992 dan menewaskan 900 orang, tidak lantas membuat Maumere kehilangan pamornya sebagai salah satu surga di Indonesia.

Sebagai satu-satunya kota terkecil yang pernah dikunjungi oleh Sri Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989, Maumere menjadi pintu gerbang ke wilayah timur kepulauan dengan beberapa hasil alam yang berhasil diekspor berupa kopra, pisang, kemiri, dan kakao. Selain itu, usaha kerajinan tangan yang mendunia adalah kain tenun ikat beragam motif.

Melihat segala kekayaan yang dimiliki Maumere, Pemerintah Kabupaten Sikka melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata terus berusaha untuk meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Maumere, salah satunya dengan memperkenalkan kembali Teluk Maumere melalui Fetsival Teluk Maumere yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2016 dan 2017 dengan sukses serta meluncurkan Buku Fotografi bawah laut Teluk Maumere secara internasional.

Dalam tiga bulan ini pemerintah Kabupaten Sikka melalui Dinas Pariwisata, terus berupaya dengan berbagai cara, dan gencar mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif melakukan vote bagi kemenangan Teluk Maumere sebagai destinasi Pariwisata terbaik dalam Anugerah Pesona Indonesia tahun 2017.  Hal ini disampaikan oleh Drs. Kensius Didimus. Kami didukung penuh oleh Lembaga DPR kabupaten dan langkah awal, kami telah mengirimkan surat edaran ke sekolah-sekolah, kantor-kantor, dan perguruan tinggi untuk melakukan vote, mengumumkan lewat media online dan surat kabar serta sosial media secara kontinyu, mengirim url link dan cara vote via Sms dan email kepada rekan, kerabat, relasi, keluarga secara berantai terus-menerus setiap hari, pada pertemuan dan acara keluarga juga kami terus menghimbau dan mengajak masyarakat.

Selain itu juga, untuk mendongkrak Awarenes dan Vote, kami bekerjasama dengan Tim professional yang sudah berpengalaman dan expert di bidang strategi komunikasi dan pemasaran pariwisata, yaitu NTTnesia Communication yang dipimpinoleh Ivan Rondo serta didampingi Tim Dinas Pariwisata yaitu Sekretaris Dinas Pariwisata Petrus Poling Wairmahing dan Kabid Pemasaran Hironimus Laja untuk menangani konten release dan mendistribusinya melalui berbagai media online lokal maupun nasional, selanjutnya memviralkannya pada sosial media serta berita pada surat kabar harian di NTT.

Tim ini juga bekerja keras untuk menjaring Nomor handphone sebanyak-banyaknya dan melakukan broadcast ke pengguna no handphone di Kabupaten Sikka dan beberapa wilayah di NTT untuk mengajak serta melakukan vote. Puncaknya, kami juga memanfaatkan moment Event Maumere Jazz pada 28 Oktober kemarin untuk mengajak masyarakat dan semua pihak melakukan vote via Sms maupun email bagi kemenangan Teluk Maumere sebagai Tempat Menyelam Terpopuler di Indonesia.

Beberapa hal diatas merupakan cara yang telah dilakukan pemerintah menuju kemenangan yang diimpikan yang dipimpin langsung oleh Bupati Sikka.

Selanjutnya, harapan atas menangnyaTeluk Maumere dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia tahun 2017 ini sangat dinantikan oleh seluruh pihak, baik itu pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sikka serta seluruh masyarakat NTT pada umumnya. Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah dan masyarakat, kiranya berbuah sebuah kemenangan dan menjadikan Teluk Maumere menjadi destinasi pariwisata terbaik yang patut untuk dikenal dan dikunjungi oleh seluruh warga dunia, dalam menjadikan Kabupaten Sikka sebagai salah satu destinasi menyelam terbaik dan terpopuler di Indonesia dengan semangat bahwa Sikka adalah “The Spirit Of Flores”. (*/jdz)

Ket Foto : Bupati Ansar Rera beserta Kadis Pariwisata Kabupaten Sikka dan Tim NTTnesia Communication, Ivan Rondo dan Rudi Tokan.