Lomba Lari Jeriko 5K dan 10K Diikuti 1.520 Pelari

by -24 views

Kupang, mediantt.com –  Anggota DPR RI yang juga calon Walikota Kupang, Jefry Riwu Koreh, punya niat tulus mengembalikan NTT sebagai gudang pelari, dengan menggelar Lomba Lari 5K dan 10K Jeriko. Menariknya, peserta even ini dinilai terbanyak karena melibatkan 1.520 pelari, termasuk atlit pelari nasional.

Kepada wartawan di Markas FirmanMu, Jumat (19/8), Ketua Paitia Lomba Lari 5K dan 10K Jeriko, Winston Rondo, menjelaskan, ada 1.520 pelari akan meramaikan lomba lari 5 kilometer (km) dan 10 kilometer (km) yang digelar pada Sabtu, 20 Agustus 2016.

“Lomba lari ini diikuti pelajar SD dan SMP untuk 5K, dan umum di 10K, termasuk atlit nasional dari Nusa Tenggara Timur (NTT). “Jeriko 5 dan 10K ini, merupakan salah satu yang terbesar, dengan jumlah peserta sebanyak 1.520 atlit. Ini bukti animo masyarakat sangat tinggi dalam lomba ini,” tutur Winston Rondo.

Menurut dia, untuk kategori 5 km diikuti 666 pelajar SD dan SMP yang ada di Kota dan Kabupaten Kupang. Sedangkan 10 kilometer untuk kategori umum yang diikuti 854 peserta dari kalangan mahasiswa dan umum.

“Lomba lari ini dimaksudkan untuk menjaring atlet berpotensi, karena NTT merupakan gudang pelari, namun saat ini mulai sulit dicari atlet. Lomba lari ini kerjasama antara Jeriko, Kemenpora, PASI NTT dan Club Atletik Timor Mandiri,” jelas Winston, anggota DPRD NTT ini.

Ia juga menjelaskan, lomba lari ini akan mengambil start di depan gedung DPRD NTT pada pukul 06.00 WITA. Rutenya, untuk kategori 5K melewati Jalan El Tari dan Jln Frans Seda, lalu putar balik di Gedung Keuangan, sedangkan 10K melintasi rute Jalan El Tari, Jln Frans Seda dan putar balik di Bundara PU dan finish di Gedung DPRD NTT. “Juara lomba lari akan diberikan baju, sertifikat, serta juara 1-10 akan diberikan hadiah uang dengan total Rp50 juta,” katanya.

Ia menambahkan, semua yang berkaitan dengan lomba lari sudah siap, termasuk tim juri dan wasit sebanyak 21 orang, sementara keamanan dari Polres Kupang Kota dan panitia sebanyak 100 orang,” ujar Winston.

Ketua Club Atletik Timor Mandiri, Anton Fallo sebagai salah satu sponsor menyambut baik lomba lari ini, karena akan dimanfaatkan untuk menjaring atlit muda berprestasi yang akan dikembangkan untuk persiapan PON tahun depan.

“Tahun ini, kami kirim 3 orang ke PON, namun tahun depan, kami tidak milii atlit untuk dikirim ke PON, makanya lomba ini jadi ajang menjaring atlit muda berprestasi,” ujarnya.  (jdz)

Foto : Winston Rondo ketika menggelar konferensi pers di markas Jeriko.