Hancurkan Amerika, Argentina Melaju ke FInal

by -157 views

TEXAS – Argentina memastikan diri lolos ke final Copa America Centenario setelah mempecundangi Amerika Serikat dengan Lionel Messi tampil mengesankan.

Argentina terbukti masih terlalu tangguh bagi Amerika Serikat. Meski laga dilangsungkan di NRG Stadium, Houston, Texas, Amerika tumbang dengan skor mencolok 4-0, Rabu (22/6) pagi WIB.

Adalah Lionel Messi yang tampil sebagai pemain yang paling mencuri perhatian. Bukan hanya karena performanya, tapi juga karena kesuksesannya mencatat rekor baru di level internasional.

Pemain Barcelona tersebut mencetak satu gol untuk bisa memperbarui rekor gol terbanyak untuk Argentina menjadi 55 gol. Rekor sebelumnya dipegang oleh Gabriel Batistuta.

Dengan hasil tersebut, Argentina pun melangkah ke final Copa America Centenario 2016 dan akan menunggu lawan yang harus dihadapi berikutnya, antara Kolombbia dan Cile, yang akan menjalani laga mereka besok.

Sejak pertandingan dimulai, Argentina langsung tampil menekan sejak awal laga. Albiceleste pun langsung memetik hasil dari tekanan pertama mereka ke jantung pertahanan Amerika Serikat.

Bola yang jatuh di kaki Lionel Messi diberikan langsung kepada Ezequiel Lavezzi dengan umpan chip. Pemain PSG tersebut dengan mudah melesakkan bola dengan sundulannya untuk membawa Argentina memimpin 1-0 di menit tiga.

Tekanan Argentina berlanjut dengan pemain AS terus berusaha keluar dari gelombang serangan tim tamu. Tapi, ancaman masih terus datang ke gawang Brad Guzan.

Di menit 15 misalnya, dengan Messi menunjukkan kebolehannya menggiring bola melewati tiga pemain belakang AS dan melepas tendangan ke arah gawang. Beruntung Guzan masih sigap mengamankan gawangnya.

Tapi di menit 32, kiper AS itu harus mengambil bola dari gawangnya lagi. Berawal dari pelanggaran keras Chris Wondowlski yang menghentikan pergerakan Messi, tendangan bebas pun diberikan oleh wasit. Messi sendiri yang mmengeksekusi bola tersebut dengan menempatkannya ke sudut gawang AS tanpa bisa dijangkau oleh Guzan. 2-0 Argentina memimpin.

Gol indah Messi itulah yang pada akhirnya memecahkan rekor gol terbanyak Batistuta untuk Argentina.

Amerika Serikat berusaha untuk bangkit, tapi tekanan yang dilakukan tim besutan Jurgen Klinsmann itu selalu kandas di sektor pertahanan Argentina. Sementara Argentina terus membuka kesempatan menambah keunggulan, meski pada akhirnya skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Di paruh kedua, tekanan berlanjut dan Argentina menambah keunggulan mereka, dan mungkin bisa dikatakan menutup peluang Amerika Serikat untuk bangkit dan mengejar ketertinggalan.

Di menit 50, adalah Gonzalo Higuain yang mencetak gol ketiga Argentina. Mendapat umpan jauh dari Lavezzi, bola berhasil dikontrol pemain Napoli tersebut dan ditendang ke arah gawang Amerika Serikat. Pemain tuan rumah bisa melakukan blok, namun bola rebound kembali diarahkannya ke gawang untuk menambah keunggulan Argentina menjadi 3-0.

Setelahnya, sejumlah insiden terjadi, seperti tekel kasar yang dilakukan pemain Amerika terhadap Augusto Matias Fernandez, yang memaksanya harus menjalani perawatan dan diganti oleh Lucas Biglia di menit 59.

Marcos Rojo juga mengalami masalah dan harus menjalani perawatan di tengah lapangan, sementara beberapa menit setelahnya Lavezzi terlihat menabrak adboard di pinggir lapangan, yang juga memaksa tim medis Argentina merawatnya. Pada akhirnya Erik Lamela menggantikan dirinya di menit 67.

Dengan waktu terus berjalan semakin larut, permainan tim nasional AS tak menunjukkan perbaikan. Minim sekali peluang yang bisa diciptakan, yang membuat pemain belakang Argentina lebih santai mengamankan daerahnya.

Sebaliknya, pertahanan AS dibuat kelimpungan oleh mobilitas pemain Argentina. Sejumlah peluang juga tercipta, seperti aksi Lamela yang mendapat umpan terobosan dari Messi, namun arah tendangannya masih melebar, atau serangan balik cepat pemain Argentina yang gagal hanya karena akurasi umpan yang kurang bagus.

Jelang laga berakhir, Argentina menegaskan dominasi mereka dengan Higuain mencetak gol keduanya di pertandingan ini, sekaligus gol keempat untuk timnya.

Messi kembali memberi andil dengan merebut bola dari pemain belakang AS, mengirim umpan manis untuk Higuain dan dituntaskan dengan sempurna di menit 86. Skor 4-0 pun menjadi hasil final laga itu. (goal.com/jdz)

Foto : Lionel Messi bersama rekan-rekannya melakukan selebrasi setelah menjebol gawang AS melalui tendangan bebas.