Polda NTT Nyatakan Rute Tour de Flores Steril

by -27 views

Kupang, mediantt.com – Kepolisian Daerah NTT telah melakukan rapat koordinasi pengamanan even berskala internasionalk Tour de Flores sepanjang daratan Flores, dimulai dari Kabupaten Flores Timur hingga Manggarai Barat.

Kabid Humas Polda NTT, AKBP Jules Abraham Abast kepada wartawan, Jumat (13/5) mengatakan, Kapolda NTT Brigjen Pol E. Widiyo Sunaryo yang memimpin langsung rapat koordinasi diikuti oleh para kapolres se-daratan Flores.

Ia menjelaskan, pengamanan TdF nanti melibatkan aparat kepolisian dari setiap Polres yang bertanggungjawab terhadap wilayah yang dilintasi oleh para peserta TdF.

“Adapun lintasan Rute yang dlintasi yakni sebanyak 7 Kabupaten yakni Flores Timur, Sikka, Ende, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai, dan Manggarai Barat dan finis di Labuan Bajo,” sebut Abast.

Para personil yang dilibatkan dalam pengamanan ini, jelas Abast, selain unsur kepolisian juga melibatkan unsur pemerintah daerah seperti Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Denpom TNI-AD, Dinas Pariwisata, serta unsur lainnya.

Sebelumnya Kapolda NTT Brigjen E. Widiyo Sunaryo mengatakan, dalam pengamanan ini, pihaknya juga telah melakukan pemantauan inteligen di sepanjang jalur yang akan dijadikan rute TdF, yakni mulai dari ujung timur pulau Flores yakni Kota Larantuka, hingga kota Labuan Bajo.

“Berdasarkan laporan inteligen di lapangan, situasi hingga saat ini kondusif. Kami juga mengantisipasi berbagai gangguan kamtibmas sehingga dapat meminimalisir berbagai hal yang dapat mengganggu kegiatan TdF,” kata Sunaryo.

Menurut dia, pengamanan akan dilakukan pada empat titik perhentian (etape) sepanjang 641 kilometer, dan perjalanan tersebut diperkirakan membutuhkan waktu 4 hari. Selain itu, tambah Sunaryo, pengamanan bagi wilayah selama berlangsungnya TDF akan diatur sepenuhnya oleh polres jajaran di semua wilayah yang dilintasi oleh para peserta.

“Semua anggota polres sedaratan Flores telah disiapkan untuk melakukan pengamanan wilayah, sehingga kegiatan TdF dapat berlangsung lancar kondusif,” ujar Jenderal Bintang satu ini. (che)

Foto : Kapolda NTT, Brigjen Pol E. Widiyo Sunaryo.