KMP Ile Labalekan Siap Layani Masyarakat NTT

by -28 views

Kupang, mediantt.com — Satu lagi Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Ile Labalekan hadir memperkuat armada laut di Provinsi NTT, dan siap melayani masyarakat NTT. KMP Ile Labalekan ini akan dikelolah oleh PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Feri Indonesia Cabang Kupang.

“Kapal yang baru saja tiba di Pelabuhan Bolok Kupang ini merupakan bantuan pemerintah pusat untuk NTT,” kata Kepala Satuan Kerja (Satker) LLASDP Heri Ngiso di Kupang, kemarin.

Kapal motor penyeberangan berbobot 750 grosston (GT) ini dibangun dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemhub) dalam dua tahun anggaran, masing-masing tahun pertama sebesar Rp 5 miliar dan tahun kedua Rp 30 miliar.

“Untuk rute pelayaran kita tunggu saja usulan dari Dinas dan PT Feri Indonesia Cabang Kupang sebagai operator,” kata Heri Ngiso.

General Manajer (GM) PT Feri Indonesia, Arnold Yancen, ketika dikonfirmasi mengatakan, kapal ini bisa mengangkut 600 orang, kendaraan roda empat campuran sebanyak 28 unit dan sepeda motor sebanyak 150 unit. “NTT merupakan provinisi kepulauan sehingga membutuhkan armada besar untuk pengoperasian ke daerah terpencil yang sulit dijangkau transportasi darat,” jelas Arnold.

Kepala Dinas Perhubungan NTT, Ricard Djami berharap dengan penambahan satu kapal, masyarakat di pelosok dapat dilayani lebih baik. “Saya harap rute perintis seperti Kupang-Semau dan Kupang-Naikliu Kabupaten Kupang sangat menjadi prioritas. Apalagi daerah itu merupakan perbatasan RI-Timor Leste yang sulit dijangkau transportasi darat,” kata Ricard Djami. (sp/sta)

Foto : KMP Ile Labalekan

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments