PN Kalabahi Gelar Sidang Perdana Kematian Yustinus Mau

by -95 views

Kalabahi, mediantt.com — Pengadilan Negeri (PN) Kalabahi, Kabupaten Alor, menggelar sidang kasus pembunuhan terhadap salah satu aktifis, Yustinus Mau, pada Rabu (25/3/15). Ini merupakan sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan jaksa, dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi. Rencananya, sidang akan dilanjutkan kembali, Senin (30/3/15).

Pantauan media ini, sidang perdana yang dijaga ketat aparat Polres Alor dipimpin oleh Hakim Ketua, I Ketut Kimiarsa,SH, didampingi dua orang anggota yakni, Fakhrudin Said Ngaji,SH dan I Made Muliartha,SH. Sidang tersebut menghadirkan terdakwa Yakobus Hinakai didampingi Pengacaranya, Yusak Tausbele,SH,M.Hum. Turut hadir pula dua orang JPU, Rizal Djamaluddin,SH dan Aprilia S. Widihadjmono,SH. Nampak hadir juga beberapa saksi, salah satunya mantan Bupati Alor, Drs. Simeon Th Pally. Sayangnya, wartawan tidak diijinkan memotret jalannya persidangan.

Sebelumnya, Yustinus Mau (49) adalah seorang aktifis yang tewas tertembus anak panah di bagian leher sebelah kanan dalam perjalanan pulang dari Sawa Lama ke Moepaly, Rabu (7/1/2015) lalu sekitar pukul 01.00 dini hari. Korban bersama empat kerabat lainnya termasuk mantan Bupati Alor, Simeon Th.Pally, melintasi wilayah kampung baru. Saat itu, korban tertembus anak panah dari tersangka Yakobus Hinakai.

Dalam perjalanan pulang dari Sawa Lama, korban bersama empat orang lainnya menumpang mobil milik mantan Bupati Alor, Simeon Th. Pally, dengan nomor polisi L.2345 ED. Pada saat di kampung baru, mobil tersebut sempat berhenti untuk menurunkan salah seorang penumpang, Paul Lalang. Setelah itu mobil berjalan beberapa meter, korban merasa terkena lempar, namun beberapa saat kemudian korban bersimbah darah dan dilarikan ke UGD RSUD Kalabahi, namun korban meninggal dunia di UGD.

Dalam tempo 36 jam, tim Buru Sergap (Buser) Reskrim Polres Alor berhasil menangkap Yakobus Hinakai, pelaku pembunuhan Yustinus Mau. Terungkapnya pelaku pembunuhan ini, setelah polisi secara marathon memeriksa 15 orang saksi yang berada di sekitar tempat kejadian perkara (TKP). (joka)

Ket Foto : Kapolres Alor, AKBP I Made Sugawa,SH ketika mendatangi rumah duka kematian Yustinus Mau (kiri ke kana; Lomboan Djahamouw, Kapolres Alor, Mantan Bupati Alor, Drs. Simeon Th Pally dan Kasat Reskrim Polres Alor, Jamaluddin,SH)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments