Biro Humas Diminta Lebih Berperan Promosikan NTT

by -117 views

KUPANG – Komisi I DPRD NTT meminta Biro Humas NTT untuk gencar mempromosikan potensi daerah yang dimiliki NTT lewat sosialisasi, publikasi maupun penayangan melalui media luar ruang seperti iklan. Selain itu, Komisi I juga minta untuk meningkatkan peran Humas sebagai corong pemerintah provinsi NTT dengan membangun kerjasama yang efektif dan produktif dengan media massa.

Hal tersebut mengemuka dalam acara kunjungan dan tatap muka Komisi I bersama jajaran Biro Humas NTT, di ruang rapat Biro Humas Setda NTT, Selasa (18/1). Rombongan Komisi I dipimpin langsung Ketua Komisi Kasintus Proklamasi Ebu Tho. Turut mendampingi, Wakil Ketua Komisi II, Yeni Veronika, Sekretaris Komisi, Emanuel Kolfidus, serta para anggota komisi  yakni Eldat Nenabu,  Army Konay, Noldu Puga, Junus Naisunis dan Gabriel Suku Kotan.

Ebu Tho menjelaskan, kunjungan  tersebut merupakan kesempatan anjangsana sekaligus perkenalan anggota-anggota baru lingkup Komisi I DPRD NTT kepada mitra Komisi I. “Suatu kehormatan dan kebanggaan karena komisi I menjadi komisi pertama yang mengunjungi Kantor Gubernur yang merupakan ikon Provinsi NTT. Kami juga akan mengundang para mitra di luar jadwal pertemuan resmi bila ada topik khsusus yang membutuhkan pembahasan,” jelas anggota DPRD dari Fraksi Gerindra itu.

Anggota Komisi I Gabriel Suku Kotan menyentil tentang peran Humas seperti Jendela Kaca NTT bagi Indonesia dan dunia internasional. Menurut Kotan, Humas harus bisa menciptakan panggung NTT di tingkat nasional lewat publikasi di media nasional. “Harus mampu berpikir Out of Box (baca: melakukan inovasi), tidak hanya berpikir biasa saja. Perhatian Pemerintah terhadap NTT melalui intensitas kunjungan Presiden yang meningkat ke NTT harus bisa dipublikasikan agar dapat mendatangkan pengaruh positif bagi pembangunan masyarakat NTT,” pinta utusan Fraksi Demokrat tersebut.

Sementara itu, Eman Kolfidus meminta aparatur Humas untuk memperhatikan kerjasama dengan media-media lokal. Polanya harus jelas dan didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Harus memperhatikan aspek yuridis terkait kerjasama dengan media. Diharapkan humas juga terlibat secara aktif dalam mempublikasikan berbagai event dan festival yang digelar di berbagai daerah agar mampu menarik minat dan perhatian masyarakat luas  terhadap NTT,” harap anggota Fraksi PDIP itu.

Yeni Veronika, anggota Fraksi PAN mengharapkan agar Humas mampu membangun kerjasama lintas SKPD dalam mempromosikan potensi-potensi yang ada di NTT. “Tinggalkan ego sektoral SKPD. Bangunlah kerjasama misalnya dengan Dinas Pariwisata dan Pertanian agar segala potensi yang ada dapat terpublikasi dan dikenal oleh masyarakat Indonesia dan dunia. Dengan itu, akan mendatangkan minat investor untuk berinvestasi di NTT sekaligus dapat mendongkrak PAD,” ungkap Yeni Veronika.

Selanjutnya Army Konay, mengharapkan agar Pemerintah Provinsi dapat memberikan perhatian terhadap potensi-potensi anak-anak muda dan olahraga. “Berbagai prestasi dan perjuangan anak-anak NTT dalam berbagai ajang pencarian bakat dan olahraga hendaknya dipublikasikan secara luas dan perlu mendapat penghargaan sebagai motivasi. Acara-acara budaya yang unik dapat dishooting dan diunggah ke media sehingga dapat menarik minat wisatawan ke NTT. Setiap SKPD  harus bisa menciptakan inovasi,” kata Armi yang merupakan anggota Fraksi Nasdem itu.

Menanggapi berbagai usulan, Kepala Biro Humas NTT, Semuel Pakereng, menyampaikan apresiasi atas kunjungan Komisi I. Kunjugan tersebut menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Biro Humas NTT untuk meningkatkan kinerja. “Segala anjuran dan usulan dari anggota komisi I merupakan suatu bentuk masukan dan kritikan konstruktif bagi kami untuk bekerja lebih baik. Dalam membangun kerjasama dengan media, mulai tahun 2017, kami akan memperketat pola kerjasama dengan kalangan media. Media-media yang sifatnya abal-abal dan tidak punya dasar hukum seturut Edaran Dewan Pers tidak akan diakomodir dalam kerjasama.” tegas Semuel dalam kesempatan tersebut.

Ia menambahkan, Biro Humas juga bertekad untuk memberikan informasi yang lebih baik terkait aktivitas pemerintahan termasuk juga aktivitas DPRD.

Sebelum mengunjungi Biro Humas, Rombongan Komisi I mengunjungi Biro Pemerintahan NTT, Biro Organisasi NTT dan Biro Hukum NTT. Dan akan dilanjutkan ke Badan atau SKPD yang menjadi mitra Komisi I. Turut mendampingi rombongan Komisi I, Kasubag Humas DPRD Provinsi NTT, Dolly Chandra dan Kasubag Komisi, Bian Parera serta staf Sekretariat Dewan. Sedangkan hadir dari Biro Humas pada pertemuan itu, antara lain Pejabat Struktural dan Staf Biro Humas NTT. (hms/jdz)

Ket Foto : Anggota Komsi I DPRD NTT berpose bersama karo Humas Setda NTT Semuel Pakereng dan staf, usai pertemuan di Biro Humas, Rabu (18/1).