TNI-AU Bangun Radar di Sumba Barat Daya

by -60 views

Kupang, mediantt.com – Untuk menjaga pertahanan keamanan udara diwilayah Nusa tenggara Timur, TNI Angkatan Udara El Tari Kupang membangun radar pertahanan udara di Sumba Barat Daya (SBD).

“Kami akan membangun satuan radar pertahanan udara di wilayah Kabupaten SBD,  sebagai wujud pertahanan udara di wilayah selatan Indonesia, dan meningkatkan Paskhas Kompi C menjadi detasemen pertahanan udara di wilayah Kupang,” kata Danlanud El Tari Kupang, Kolonel Pnb. Jorry Koloay kepada wartawan, Sabtu (9/4).

Menurut dia, kehadiran TNI-AU yang sudah berusia 70 tahun, merupakan sebuah komitmen kehadiran negara dalam menjaga pertahanan wilayah udara, khususnya di wilayah NTT yang berbatasan langsung dengan RDTL dan Australia.

Ia juga mengatakan, dalam membangun pertahanan udara akan disesuaikan dengan bentuk alur laut kepulauan Indonesia. “Artinya membutuhkan dukungan TNI-AD dan TNI-AL dalam melakukan pengawasan di wilayah udara bagian selatan Indonesia,” katanya.

Ia menambahkan, peningkatan status Lanud El Tari harus dilengkapi dengan persenjataan dan alutsista yang memadai, sehingga dapat mendukung tugas satuan TNI-AU di wilayah selatan NKRI.

“Saya minta kepada semua anggota Lanud El Tari dapat berbenah diri, dan semakin menunjukkan profesionalitas dan semangat,” katanya. (che)

Foto : Radar TNI Angkatan Udara