BKSDA NTT Tangkap Buaya Di Pantai Lasiana

by -66 views

Kupang, mediantt.com – Warga pesisir pantai Lasiana, Kota Kupang, kembali dikagetkan dengan munculnya seekor buaya muara di kawasan obyek wisata Pantai Lasiana, Jumat (18/12).

Buaya muara yang muncul di Pantai Lasiana dengan panjang 3 meter dan lebar 70 cm dan berjenis kelamin jantan ini, berhasil ditangkap oleh tim dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)NTT dan langsung di bawah ke penangkaran sementara.

Tim dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTT, yang mendapat laporan langsung turun menyisir pantai dan menggiring buaya ini ke muara yang kemudian ditangkap dengan jaring milik BKSDA NTT.

Kepala Bidang Teknis BKSDA NTT, Maman Surahman, kepada wartawan menjelaskan, seekor buaya jenis kelamin jantan dengan panjang 7 meter dan lebar 70 cm, berhasil ditangkap oleh tim dari BKSDA NTT setelah muncul di tempat wisata Pantai Lasiana.

Menurut dia, usai ditangkap buaya tersebut langsung digiring menuju Kantor BKSDA NTT untuk diamankan di tempat penangkaran sementara.  “Usai di periksa dan diberi obat buaya muara jantan ini langsung di masukan ke dalam penangkaran sementara,“ kata Surahman.

Ia juga menjelaskan, kuat dugaan masih banyak buaya yang berkeliaran di pantai Lasiana ini karena sejumlah nelayan mengakui sering menemukan buaya ketika melakukan pencarian ikan di sekitar wilayah itu.

Saat ini, katanya, pihak BKSDA NTT pun telah menempel sejumlah papan pemberitahuan atau larangan di sepanjang pesisir pantai Lsiana agar diketahui masyarakat bahwa lokasi ini terdapat buaya.

“Setelah kami tangkap dan diamankan sementara di tempat penangkaran, kami langsung pasang papan larangan jika ada buaya di sini, krena nelayan sering bilang kalau lihat buaya saat pancing ikan, “ kata Surahman. (che)