BPSPL Launching Peta Online Sikka

by -96 views

Maumere, mediantt.com – Kepala Badan Pengelola Sumberdaya Pesisir dan Laut, Kementerian Kelautan Repubilk Indonesi, Ir Ikram Sangaji, M.Si, melaunching peta bahari online Kabupaten Sikka berkode akses www.petasikka.info. Acara ini ditandai dengan pelepasan balon bertuliskan “Launching Peta Bahari Online RZWP3K Kabupaten Sikka”, di Pulau Kambing, Desa Pemana, Kecamatan Alok, Kamis (26/11). Launching ini juga digelar di sela seremoni budaya larung saji atau ritus pemberian makan sesajian kepada leluhur penghuni laut yang telah memberikan keberhasilan para nelayan Pemana dan desa Gunung Sari dalam mengais rejeki di samudera luas.

Kepada wartawan, Iksan mengaku kagum akan kasanah budaya dan panorama keindahan laut bahari pesisir utara Sikka yang selam ini kurang dipromosikan. Kata dia, dengan diluncurkan peta bahari online sebagai langka maju kementerian kelautan RI, mendorong sektor pariwisata sebagai sektor unggulan dalam memajukan kesejateraan rakyat, khususnya para nelayan di pesisir pantai utara Kabupaten Sikka “Saya kagum dan bangga bisa berada di tempat ini, dengan pasir puti dan panorama laut yang indah, satu-satunya aset pariwisata Kabupaten Sikka,” tutur Iksan.

Ia juga berharap ,dengan diluncurkan peta bahari online dengan kode akses www.petasikka.info, memberikan ruang kepada semua pihak untuk mengekspose gambar panorama dan ekositem laut untuk di akses semua penggemar, sehingga mereka tertarik menikmati keindahan laut di Kabupaten Sikka ini.

“Kita mendorong pemerintah daerah harus lebih pro aktif mengerahkan semua sektor terutama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk menanggapi secara aktif sehingga ikon pariwisata yang merupakan sektor unggulan pembangunan pariwisata bisa tercapai,” harap Iksan. (john dagomez)

Ket Foto : Pelepasan balon bertuliskan ‘Launching Peta Online RZWP3K Kabupaten Sikka.(Foto : mediantt.com/JOHN DAGOMEZ)