Pilkada Ngada Berjalan Normal dan Kondusif

by -123 views

Bajawa, mediantt.com — Meski terjadi riak-riak kecil oleh massa paket tertentu, namun proses Pilkada Kabupaten Ngada boleh dikatakan berjalan lancar dan terkendali. Sesuai hasil pantauan dan informasi dari berbagai daerah di Kabupaten Ngada, pemilukada berjalan kondusif.

Demikian diungkapkan Kapolres Ngada, AKBP Andy Nurwandy kepada wartawan di Markas Polres Ngada, Kamis (10/12).

Meski demikian, jelas Kapolres Andy, pihaknya masih tetap mengamankan seluruh rangkaian hingga akhirnya dilakukan pleno oleh KPU. “Ini masih tugas kami sampai pleno nanti. Kami siap mengamankan,” ujar Kapolres.

Ia mengatakan, insiden yang terjadi, Rabu (9/12) di Jalan Ahmad Yani, Tanalodu oleh sekelompok massa merupakan euforia masyarakat yang berlebihan. Namun insiden tersebut dapat terkendali dan kembali normal .

“Pengamanan masih bersifat moralis. Kita himbau agar tidak ada yang konvoi dan kami sudah menghubungi semua paket tidak ada melakukan pawai yang mengklaim kemenangan. Itu mereka belum memahami pendidikan demokrasi,” kata Kapolres Andy.

Ia juga akan fokus pengamanan kantor KPU dan memperkuat personil pengamanan di lokasi tersebut. Pihaknya pun telah memasang pos-pos pengamanan di sekitar kantor KPU. “Kita jaga siang dan malam. Bahkan kami sudah memasang CCTV untuk menjaga proses selanjutnya.” katanya

Kapolres juga menegaskan, saat ini pihak kepolisian lebih fokus proses pengamanan Pilkada dan tidak  mengesampingkan beberapa kasus yang masih ditangani. Kasus-kasus baik di tangan penyidik maupun oleh kepolisian sendiri ditunda hingga proses Pilkada selesai. “Berkaitan dengan beberapa persoalan akan tetap kita lanjutkan setelah Pemilukada ini selesai. Kami masih fokus pengamanan,”Katanya.

Kapolres juga berkomitmen setelah selesai proses pengamanan akan kembali menangani beberapa kasus yang masih tertunda. “Kami diperintahkan untuk mengamankan jalannya pilkada. Artinya, tidak mengganggu dulu biar proses pilkada ini berjalan lancar. Kami tidak mengesampingkan tetapi menunda,” tutur Kapolres Andy. (ian bala)

 

Ket Foto : Sejumlah pasukan pengaman dari Polres Ngada sedang mengamankan keributan usai sekelompok massa melakukan konvoi di Jalan Ahmad Yani persis di depan Konsep Center. (Foto : mediantt.com/IAN BALA)