Dinas PMD NTT Gelar Forum Optimalisasi Peran BUMDES-BUMDesma dalam Pemberdayaan Ekonomi

by -120 views

Sekda Cosmas Lana memberikan pengarahan di forum Optimalisasi Peran BUMDES-BUMDesma.

KUPANG, mediantt.com – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) terus dioptimalkan. Untuk itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) NTT, menggelar acara bertajuk Optimalisasi Peran BUMDES/BUMDesma dan Lembaga Kerjasama Desa dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa, di Kupang, Kamis (30/5/2024).

Sekretaris Dinas PMD NTT, Grandi Anggi, mengatakan, dalam forum ini menghadirkam narasumber antara lain, Sekda NTT Cismas Lana, perwakolan daei BPJS Ketenagkerjaan, dari Dinas Pariwisata NTT dan juga dari Bank Indonesia Perwakilan Provinsi NTT.

Menurut dia, dengan optimalisasi peran badan usaha milik desa atau badan usaha milik desa bersama (Bumdesma) ini diharapkan mampu mengelola usaha desa dengan baik. Artinya, jelas dia, bisa bermanfaat bagi masyarakat desa. Sehingga ada perubahan dan kemajuan. Jadi bumdes harus benar-benar berguna dan bisa mengelola potensi yang ada di desa.

“Kita libatkan BPJS Ketenagakerjaan di acara ini agar ada santunan bagi tenaga kerja dan juga beasiswa. Sementara dari dinas pariwisata agar potensi wisata di desa juga bisa dioptimalkan. Selain itu ada juga penguatan dari Bank Indonesia agar bisa mengelola potensi di desa dengan baik,” jelas Grandi. (jely)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *