RSUD SK Lerik Penuhi Syarat Jadi Penopang Fakultas Kedokteran UCB

by -84 views

Tim visitasi dari Fakultas Kedokteran Airlangga bersama tim medis RSUD SK Lerik.

KUPANG, mediantt.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) SK Lerik Kota Kupang, Kamis (23/5), mendapat visitasi dari Tim Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya. Visitasi ini untuk melihat kesiapan dam kepayakan RSUD SK Lerik menjadi salah satu penopang utama Fakultas Kedokteran Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang, yang akan segera dibuka.

Untuk diketahui, segala persiapan untuk pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang, semakin matang.

Hal ini setelah tim visitasi Fakultas Kedokteran Airlangga meninjau langsung Rumah Sakit SK Lerik Kota Kupang, pada, Kamis (23/05/2024).

Kepala Seksi Pelayanan Medik RSUD SK Lerik Kota Kupang, dr. Yohanes Pieter Lisangan, dalam paparannya terkait profil rumah sakit tersebut menyatakan sangat mendukung dan berkomitmen dalam mendukung langkah UCB membuka Fakuktas Kedokteran.

“Kami bersyukur dan berbangga dipilih sebagai Rumah Sakit utama oleh UCB. Kami akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi mahasiswa dan mahasiswi kelak. Karena kami sudah diberi tanggung jawab moral dan rohani untuk membentuk tenaga kesehatan yang berkualitas,” jelas Lisangan.

Salah satu anggota tim kedokteran Unair, Dr. Maftuchah Rochmanti, dr, M.Kes, yang juga Kepala Satuan Penjaminan Mutu Unair mengatakan, syarat minimal untuk mendirikan Fakuktas Kodokteran adalah rumah sakit utama dengan Type C.

“Jadi sSarat utama mendirikan program studi kedokteran adalah harus memiliki Rumah Sakit Pendidikan sendiri. Namun apabila belum, maka bisa bekerjasama dengan salah satu rumah sakit yang memenuhi syarat sebagai rumah sakit Pendidikan. Syarat Rumah Sakit harusnya type B, namun sekali lagi ada aturan terbaru bahwa bisa rumah sakit type C, dengan memenuhi beberapa syarat yang lain seperti dokter spesialis dan lainnya,” jelas dr. Tutu.

Hal menarik lainnya, menurut Wakil Dekan III Bidang Penelitian, Publikasi dan Pengmas Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair), Dr. Sulistiawati, dr, M.Kes, bahwa RSUD SK Lerik sudah memadai dan memenuhi syarat sebagai rumah sakit utama untuk menopang Fakultas Kedokteran UCB Kupang.

“Intinya rumah sakit (RSUD SK Lerik) sudah memadai dan memenuhi syarat sebagai rumah sakit utama. Dari segi jumlah dan variasi kasusnya juga sudah bisa mendukung,” jelas Sulis yang juga Ketua Tim Kecil ini.

Rombongan tim visitasi dari Fakultas Kedokteran Unair Surabaya ini, juga didampingi langsung oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Citra Bina Insan Mandiri (CBIM) Kupang, Abraham Paul Liyanto, Rektor UCB Prof Dr Frans Salesman SE, M.Kes, para wakil rektor dan para dekan serta wakil dekan di lingkup UCB Kupang.

Selain mengunjungi RS SK Lerik rombongan ini juga mengunjungi RSUP dr. Ben Mboi Kupang, dan beberapa Puskesmas yang akan menjadi lahan praktik mahasiswa kedokteran UCB Kupang. (npc/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *