Bimbingan Karier Bagi Calon Wisudawan, Unkriswina Sumba Kenalkan Dunia Kerja dan Industri

by -246 views

WAINGAPU, mediantt.com – Universitas Kristen Wira Wacana (Unkriswina) Sumba menggelar bimbingan karier bagi calon wisudawan tahun 2024 untuk mengenal dunia kerja dan industri.

Kegiatan itu dilakukan oleh bagian promosi dan alumni Unkriswina Sumba yang dihadiri Pembantu Rektor (PR) III, Bagian Promosi dan Alumni Unkriswina Sumba serta sejumlah mahasiswa dengan narasumber Qodri J. Atmadinata, S.Psi Learning dan Development Manager PT Muria Sumba Manis (MSM) Sumba, di Gedung Nasional UT Marisi Waingapu Selasa (22/4/2024).

PR III Unkriswina Sumba Adrianus K. Hudang, SE, M.Si mengaku bersyukur karena di tahun 2024 ini setelah masa pandemi, kegiatan ekonomi kembali membaik dan stabil sehingga memungkinkan setiap pelaku ekonomi dapat membuka berbagai usaha yang baru.

Dia menjelaskan, dari sisi mahasiswa lulusan dalam memasuki dunia kerja calon wisudawan atau mahasiswa terkadang mengalami banyak kekhawatiran, keraguan atau ketakutan tentang masa depan.

“Seperti kurang percaya diri karena kurang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam melamar pekerjaan, membuat daftar riwayat hidup serta gugup atau nervous pada saat wawancara dengan user atau pengguna lulusan,” katanya.

Namun, tambah Adrianus, sebenarnya yang cukup membantu adalah paling tidak mahasiswa sudah pernah magang atau PPL sehingga dapat mengenal dan mengetahui gambaran didunia kerja seperti apa.

“Meskipun dalam ruang lingkup dan waktu yang terbatas,” tuturnya.

Menurut dia, memang harus diakui bahwa untuk mendapatkan pekerjaan bukan hal yang mudah. Harus menghadapi berbagai tantangan dan hambatan, baik akses fasilitas, persaingan usaha yang masih rendah dan sebagainya.

“Ya, terutama seperti di daerah Sumba yang masih minim industri namun jika kita sedikit lebih kreatif sebenarnya banyak hal yang bisa dikerjakan asalkan ada kemauan dan tidak gengsi,” ujarnya.

Sementara Kabag Promosi dan Aumni Yanto Umbu Laya, SE, mengatakan, kegiatan bimbingan karier bagi calon wisudawan Unkriswina Sumba adalah salah satu terobosan untuk mengenal dunia kerja dan dunia industri bagi para mahasiswa Unkriswina Sumba akhir dan alumni.

Berbagai upaya tantangan tidak menyurutkan upaya kita untuk terus mencari peluang-peluang kerja dan bahkan menciptakan usaha sendiri sesuai promosi yang ada.

Karena itu guna menyiapkan lulusan yang mampu menghadapi tantangan di dalam dunia kerja maka kita siap membantu melaksanakan kegiatan bimbingan karier.

“Kita berharap kegiatan ini dapat memberi wawasan dan bimbingan berharga kepada calon wisuda Unkriswina Sumba,” harap Yanto. (budian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *