Kris Tomahu Runner Up X Factor Indonesia 2024, Donal Izaac Ucapkan Terima Kasih!

by -442 views

Kris Tomahu menerima hadiah Runner Up X Factor Indonesia 2024.

JAKARTA – Talenta muda berbakat NTT, Kris Tomahu, akhirnya berhasil meraih runner up atau juara 2 X Factor Indonesia 2024. Kepala Penghubung Provinsi NTT di Jakarta,
Hendri Donal Izaac, menyampaikan terima kasih kepada rakyat NTT dan Indonesia atas dukungan kepada Kris.

Kris Tomahu berhasil meraih juara 2 X Factor Indonesia 2024, sedangkan juara 1 X Factor Indonesia 2024 dimenangkan oleh Peter Holly. Dan di posisi ketiga ada Princess Alicia yang dimentori oleh BCL.

Ajang pencarian bakat yang dimulai sejak Desember 2023 tersebut telah mencapai babak grand final, yang digelar Senin 1 April 2024 pukul 21.30 WIB.

Termasuk alumni X Factor Indonesia yakni Fatin Shidqia, Alvin Jo, Novita Dewi dan ENKA.

Selain itu, grand final X Factor Indonesia 2024 juga dimerihkan oleh penampilan para mentors, Rossa, Lyodra, Mahalini, Dipha Barus, Fresly Nikijuluw, Whisnu Santika, dan JKT 48.

Atas prestasinya, Kris Tomahu mendapat hadiah uang Rp 100 juta dan 1 unit mobil.

Sosok Kris Tomahu

Sosok Kris Tomahu telah menarik perhatian juri sejak babak audisi. Kris Tomahu merupakan peserta berusia 43 tahun dari Maumere, Flores, NTT.

Namun, ia tinggal di Bali karena bekerja sebagai penjaga villa. “Saya stay di Bali, asal saya dari NTT, Flores, Maumere,” kata Kris saat audisi.

Sebagai penjaga villa, Kris disibukkan dengan kegiatan membersihkan villa serta memberikan pelayanan terbaik bagi pengunjung.

“Profesi saya sebagai bersih-bersih villa. Awal mula kenapa saya bisa kerja di villa, awalnya tuh abang angkat saya ‘Mau gak, bersih-bersihin villa di Bali?’

Akhirnya, mulailah aktivitas saya tuh bersih-bersih villa, bersihin kamar, semuanya itu tentang villa itu,” kata Kris Tomahu menjelaskan profesinya.

Saat di Bali, sosok abang angkat Kris memberitahu ada audisi X Factor Indonesia 2024.

Ia pun mendukung Kris Tomahu bertolak ke Jakarta mengikuti audisi X Factor Indonesia.

“Pas kebetulan saya di Bali kemarin jaga villa, abang angkat saya bilang gini ‘Ada ajang X Factor nih, coba kamu ikut biar lebih dikenal lagi,” ujar Kris.

Kris merasa beruntung karena di usianya yang tak lagi muda, ia masih bisa diterima di ajang pencarian bakat X Factor Indonesia.

Pasalnya, X Factor Indonesia tidak memberikan syarat batas umur sehingga semua kalangan usia bisa mengikuti audisi.

“Alasan kenapa saya ikut X Factor itu karena yang bisa terima umur seperti usia saya begini 43 tahun cuma X Factor, senang sekali,” kata dia.

Kepada BCL, Kris bercerita bahwa musik telah menjadi hobinya sejak kecil. Hanya saja, Kris belum pernah mengembangkan hobi dan bakat tersebut.

“Kalau musik sudah hobi dari kecil, Kak, hanya belum kesampaian seperti ini,” jelas dia.

Kris menyalurkan hobinya lewat YouTube, di mana dia meng-cover lagu-lagu. Cover terbaik Kris di Youtube jatuh pada konten lagu Tiara yang mendapat 14 juta views.

Pada saat audisi pun, Kris menampilkan lagu Tiara untuk memukau para juri.

Power dan ciri khas suara yang dimiliki Kris berhasil memukau juri dengan lagu berjudul Tiara

“Ini bisa jadi pasangan duetnya Judika nih kayaknya,” puji BCL setelah Kris selesai bernyanyi.

“Iya. Ini Tiara (lagu) Malaysia ya?” Tanya Judika menimpali.

BCL kemudian mengatakan Kris akan dengan sangat mudah diterima jika menyanyikan lagu tersebut di Malaysia. “Kamu nyanyi di Malaysia, pecah,” kata BCL.

“Tapi jujur suaranya, Bang Jud tuh suaranya buat gue udah top notch lah ya. Suaranya tuh beda (dari Judika), tapi power-powernya tuh,” kata Vidi Aldiano.

Judika lantas diminta berduet dengan Kris menyanyikan lagu Tiara. Selesai bernyanyi, Judika merasa seperti menemukan saudaranya sendiri.

“Aku menemukan saudaraku,” kata Judika senang. “Gila,” puji Vidi Aldiano.

“Man! Lu punya banget suaranya dan lu punya tekniknya dan lu santai, lu humble, dan lu benar-benar ga ada pressure di sini lu benar-benar punya faktor X dalam diri lu,” puji Ello.

Atas bakat dan penampilan Kris, empat juri sepakat memberi YES yang berarti Kris bisa melangkah ke babak selanjutnya.

Perjuangan Kris Tomahu di X Factor Indonesia 2024 terbilang aman. Ia selalu memberikan penampilan terbaik. Hingga akhirnya Kris Tomahu dinobatkan sebagai juara 2 X Factor Indonesia 2024.

Kepala Penghubung Provinsi NTT di Jakarta, Hendri Donal Izaac, mengatakan, ataa nama Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake, menyatakan proficiat kepada Kris Tomahu yang telah mengharumkan nama NTT di tingkat nasional.

“Semoga sukses Kris ini menjadi motivasi bagi generasi muda NTT yang lain untuk bisa tampil di ajang bergengsi nasional. Terima kasih juga kepada para pendukung Kris di NTT dan diaspora,” kata Donald Izaac. (*/jely/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *