807 Personel Gabungan dan Penjinak Bom Amankan Semana Santa 2024

by -308 views

Salah satu arena Perayaan Semana Santa di Larantuka, Flores Timur.

LARANTUKA – Sebanyak 807 personel dari kepolisian, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) hingga Dinas Perhubungan siap mengamankan Semana Santa 2024 di Kota Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Rinciannya, antara lain personel Polres Flores Timur 187 orang, Brimob dan polisi air (60), Kodim Flores Timur (120), Satpol PP Flores Timur (100), hingga anggota Dinas Perhubungan Flores Timur (20).

“Totalnya 807 orang,” kata Kapolres Flores Timur AKBP, I Nyoman Putra Sandita, kepada detikBali, Selasa (26/3/2024).

Sandita mengatakan, tim penjinak bom dari Gegana Brimob Polda NTT juga dikerahkan. Mereka bertugas melakukan sterilisasi tempat-tempat ibadah menjelang Semana Santa.

“Ini untuk memastikan rasa aman dan nyaman umat yang mengikuti Semana Santa,” papar Sandita.

Semana Santa merupakan perayaan keagamaan terbesar masyarakat Flores mulai dari Misa Minggu Palma hingga Misa Paskah. Grafik Pendaftar Semana Santa hingga Selasa sore menyebutkan jumlah orang yang mengikuti perayaan agama itu sudah mencapai 4.073 orang.

Para pendaftar itu tidak hanya dari NTT, tapi juga dari daerah lain seperti Bali, Jawa, Sulawesi, hingga Sumatera. Sebanyak 11 warga negara asing (WNA) juga sudah mendaftar untuk ikut Semana Santa.

“Ada juga dari Timor Leste dan Amerika Serikat,” kata petugas pendata peziarah, Ito Diaz kepada detikBali, Senin malam (25/3/2024).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flores Timur, Servulus Demoor, mengatakan sejumlah penginapan telah dipesan oleh para peziarah. Dinas Pariwisata mengarahkan para pendaftar Semana Santa untuk segera memesan home stay atau tempat menginap lainnya. (dtc/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *