ASDP Siapkan Lima Ekstra Trip Bagi Peziarah Semana Santa di Larantuka

by -1,398 views

Prosesi Laut Semana Santa Larantuka. (Foto : Dokumen)

KUPANG – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Kupang, NTT, menyiapkan tambahan kapal penyeberangan guna mendukung wisata religi yakni prosesi Semana Santa di Larantuka, yang akan dimulai pada 25 Maret 2024.

“Ada lima ekstra trip dari ASDP bagi para peziarah yang akan mengikuti prosesi Semana Santa di Larantuka,” kata General Manager ASDP Cabang Kupang Sugeng Purwono kepada Antara di Kupang, NTT, Rabu (20/3/2024).

Dia mengatakan, penambahan penyeberangan itu dilakukan sebagai bagian dari upaya ASDP menyukseskan pelaksanaan prosesi Semana Santa di Larantuka, yang telah menjadi tradisi umat Katolik menjelang Hari Raya Paskah.

Dia menjelaskan, lima jadwal kapal penyeberangan yang ditambah itu yakni pada Jumat (22/3/2024) pukul 13.00 Wita, Minggu (24/3/2024) pukul 14.00 Wita, Selasa (26/3/2024) pukul 13.00 Wita, Kamis (28/3/2024) pukul 12.00 Wita, dan Jumat (29/3/2024) pukul 13.00 Wita.

“Biasanya kalau sesuai jadwal hanya di hari Minggu dan Selasa saja, tetapi untuk prosesi Semana Santa ditambah lagi,” ujarnya.

Sugeng juga mengatakan, tidak menutup kemungkinan jika dalam satu hari terdapat lonjakan peziarah, maka pihak ASDP akan menyiapkan kapal tambahan lagi.

“Kita lihat situasi saja nanti. Jika memang membludak penumpangnya akan kami tambah lagi armadanya, sehingga bisa jadi satu hari ada dua armada yang diberangkatkan,” katanya.

Sugeng menambahkan, pihaknya sudah membicarakan hal ini dengan Dinas Perhubungan Nusa Tenggara Timur dalam rapat bersama di Kantor Dinas Perhubungan NTT pada Selasa (19/3/2024) kemarin.

Plt Kepala Dinas Perhubungan NTT Mahadin mengatakan, penambahan armada setiap harinya itu diharapkan bisa mengakomodasi peziarah yang akan berangkat ke Larantuka.

“Kalau untuk gratis sampai saat ini belum ada, kalau sudah ada, pasti akan kami informasikan, tetapi bahwa ada penambahan armada, jadi peziarah bisa menyesuaikan dengan jadwal yang ada,” tambah dia. (ant/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *