Penjabat Walikota Kupang Lepas Dstribusi Logistik Pemilu 2024 ke Tiap Kelurahan

by -146 views

Penjabat Walikota Kupang Lepas dstribusi Logistik Pemilu 2024 ke Tiap Kelurahan.

KOTA KUPANG – Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy P. Funay, SE, M.Si bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, pimpinan KPUD dan Bawaslu Kota Kupang melepas distribusi logistik pemilu 2024. Pelepasan berlangsung di Gudang Logistik KPU Kota Kupang, Jl. Timor Raya, Kelurahan Oesapa, Selasa (13/2).

Hadir dalam acara tersebut Kasdim 1604, Letkol CZI Sunardi, Kabag Ops Polresta Kupang Kota, Kompol Joni Frans M. Sihombing, SE, SIK, Ketua KPU Kota Kupang, Ismail Manoe, S.Pt bersama jajaran, pimpinan Bawaslu Kota Kupang, Sekretaris KPU Kota Kupang, Deputi Eksekutif General Manager PT. Pos Indonesia Kantor Cabang Utama Kupang, Raden Burhanudin. Pelepasan ditandai dengan pengibaran bendera start untuk melepas mobil pengangkut logistik pemilu.

Dalam sambutannya Pj. Wali Kota mengatakan, pemenuhan logistik pemilu menjadi salah satu kunci terwujudnya pemilu berintegritas. Karena itu, harus dilaksanakan secara tepat jenis, tepat jumlah, tepat kualitas, tepat waktu, tepat sasaran, tepat biaya serta efektif dan efisien. Dia berharap, proses distribusi ini dapat berjalan lancar dan tiba di tempat tujuan dengan selamat.

Fahrensy juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh penyelenggara baik KPU maupun Bawaslu bersama jajarannya yang telah bekerja keras dalam upaya menyukseskan helatan akbar lima tahunan ini. Dia berharap hajatan besar ini bisa terlaksana dengan baik, sejuk dan damai. Para penyelenggara pemilu bisa menyelenggarakan pemilu secara profesional dan independen.

Ucapan terima kasih dan apresiasi juga disampaikan kepada jajaran TNI dan Polri atas kerja samanya dalam seluruh rangkaian pengamanan tahapan sampai pada pelaksanaan pemilu 2024. ”Kita bersyukur sampai dengan hari ini seluruh proses tahapan pemilu di Kota Kupang bisa berjalan aman dan kondusif. Forkopimda beserta seluruh jajaran diharapkan tetap solid dan bersinergi dengan baik demi terciptanya keamanan yang kondusif di tahapan selanjutnya,” kata Penjabat Walikota.

Pj Wali Kota juga mengajak seluruh masyarakat Kota Kupang untuk turut berpartisipasi mengawal dan menjaga ketertiban tahapan pemilu 2024, agar dapat terlaksana dengan lancar dan tercipta demokrasi yang berkualitas dan berintegritas. ”Jangan lupa besok untuk datang ke TPS, gunakan hak pilih kita, jangan golput. Mari bersama-sama mengawal demokrasi menjadi sarana integritas bangsa. Kita wujudkan pemilu damai dan berkualitas di Kota Kupang tercinta ini,” pungkasnya.

Ketua KPU Kota Kupang, Ismail Manoe menjelaskan, sesuai ketentuan logistik pemilu harus sudah tiba di tiap TPS satu hari sebelum pemungutan suara. Menurutnya, dalam pemilu kali ini jumlah pemilih di Kota Kupang mencapai 320.659 pemilih. Proses pemilihan akan berlangsung di 1205 tempat pemungutan suara (TPS), yang terdiri atas 1203 TPS regular dan 3 TPS di lokasi khusus, yakni 2 TPS di LP dewasa serta 1 TPS di LP Perempuan. Surat suara yang tersedia sejumlah 1.637.835 lembar untuk 5 jenis pemilihan.

Ismail menambahkan, ada dua komponen logistik yang didistribusi, antara lain logistik yang ada dalam kotak suara, seperti surat suara dilengkapi formulir yang akan dipakai KPPS ditambah kelengkapan pemungutan suara serta komponen logistik di luar kotak suara. Armada pengangkut logistik akan dikirim ke setiap kelurahan dan diterima oleh PPS, yang nantinya akan melanjutkan distribusi ke TPS di kelurahan masing-masing. Untuk memperlancar distribusi KPU bekerja sama dengan PT Pos Indonesia sebagai penyedia jasa angkutan. (pkp/ans/st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *