Warga Kota Kupang Antusias Belanja di Bazar UMKM di Lippo Plaza

by -256 views

KUPANG, mediantt.com – Menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Bank NTT, punya agenda rutin tahunan sebagai wujud kepedulian dan rasa syukur kepada masyarakat NTT. Karena itu, sejak Selasa, 12 Desember 2023, Bank dengan motto “Melayani Lebih Sungguh ini, serentak menggelar Bazar UMKM di semua Kantor Cabang Bank NTT.

Di Kota Kupang, bazar yang menggandeng UMKM Binaan Bank NTT, menggelarnya di Lippo Plaza Kupang. Acara ini disebut BAZAR KANAL (Kasih Natal) Bank NTT, yang secara serentak dilaksanakan di seluruh kantor cabang di wilayah NTT.

“Khusus wilayah Kota Kupang yang menjadi wilayah operasional Kantor Cabang Utama dan Kantor Cabang Khusus, BAZAR KANAL akan diadakan pada tanggal 12 – 16 Desember 2023, Pukul 11.00 – 21.00 Wita, bertempat di Lippo Plaza Kupang. Selain itu, juga diadakan lomba Nyanyi Kidung Natal oleh Pelajar sekota Kupang,” jelas Kepala Sub Divisi Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Desa Binaan Bank NTT Reinhard Djo.

Agenda tahunan lain adalah Bank NTT Peduli Stunting. Kegiatan ini berupa penyerahan makanan tambahan bagi anak-anak stunting, dimana Bank NTT menjadi orang tua asuh bagi mereka. Ini juga dilakukan secara serentak di seluruh kantor cabang Bank NTT. Dan, untuk wilayah Kota Kupang diadakan pada puncak kegiatan di Lippo Plaza, pada Sabtu 16 Desember 2023.

Pantauan mediantt.com, di Lippo Plaza Kupang, Kamis (14/12/2023), sekitar pukul 11.30.Wita, tampak warga Kota Kupang, termasuk ASN, amat antusias berbelanja di gerai-gerai UMKM, yang terlibat dalam Bazar Kanal itu. Ada yang membeli kue-kue Natal dan aneka jajanan lainnya. Ada pula yang serius menawarkan berbagai kain tenun aneka motif yang dijajakan. Ada transaksi yang dilakukan, dan kebanyakan menggunakan QRIS Bank NTT.

Kebanyakan produk terbuat dari pangan lokal seperti kelor, ubi ubgu, kacang dan jagung. Bahkan, semua produk tersebut telah melalui pemeriksaan BPOM dan aman untuk dikonsumsi.

“Kami menjual produk yang terbuat dari pangan lokal yakni kelor, ubi ungu, kacang dan jagung. Semua produk ini telah melalui pemeriksaan BPOM dan aman untuk dikonsumsi,” kata Pemilik Anya’s Bakery, Cindy, di sela kesibukannya melayani para pembeli.

“Kebetulan lagi jam istirahat makan siang jadi bersama kawan-kawan kami sempatkan waktu belanja pangan lokal yang disajikan dalam bazar ini. Harga juga bisa terjangkau, relatif murah,” tutur Ibu Ernesta, ASN di Pemkot Kupang kepada mediantt.com.

Salah satu nasabah Bank NTT ini juga berharap, Bank NTT terus memberikan pendampingan dan pembinaan terhadap UMKM agar makin maju dan berkembang. Terutama melengkapi dengan fasilitas dan bantuan modal. “Kami berharap Bank NTT terus maju dan menjadi terbaik serta selalu memperhatikan semua UMKM kecil,” katanya.

Suasana tampak ramai di pelataran Lipo Plaza Kupang karena banyak pengunjung yang asik melihat dan menawarkan produk-produk yang dijajakan oleh sekitar 16 UMKM Binaan Bank NTT di areal tersebut.

Lomba Kidung Natal

Selain Bazar Kanal, Bank NTT juga menggelar lomba Kidung Natal bahi para pelajar sekota Kupang. Ini juga menjadi momentum untuk memberikan edukasi kepada para siswa SMA untuk menabung di Bank NTT.

Seperti dilansir koranntt.com, Kepala Sub Divisi Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Desa Binaan Bank NTT Reinhard Djo mengatakan, Lomba Kidung Natal ini diselenggarakan untuk siswa SMA/SMK di Kota Kupang, sebagai wujud edukasi keuangan jelang hari raya Natal 25 Desember 2023.

Menurut dia, lewat lomba Kidung Natal ini, Bank NTT ingin memberikan kesempatan kepada talent-talent baru untuk tampil di panggung tersebut.

“Panggung ini sebenarnya untuk mereka tampil, bukan untuk melihat teknik mereka menyanyi secara profesional. Memang itu juga dinilai, tapi lebih bagaimana mereka bisa menginterpretasi lagunya,” ujar Reinhard.

Kata dia, Bank NTT juga menyiapkan hadiah menarik berupa tabungan untuk 3 orang pemenang lomba Kidung Natal tahun ini.

“Hadiah yang kami siapkan untuk lomba Kidung Natal ini berupa buku tabungan untuk 3 orang pemenang. Tabungan ini sebagai cara mengedukasi mereka untuk menabung,” ungkap Reinhard.

Selain tabungan, Bank NTT juga akan memfasilitasi para pelajar untuk memiliki dan bertransaksi menggunakan mobile banking Bank NTT. “Sehingga mobile banking itu, mereka bisa gunakan untuk berbagai transaksi keuangan,” ujarnya.

Dia menambahkan, lomba Kidung Natal ini menghadirkan juri dari pihak profesional maupun internal Bank NTT. “Teknik penilaiannya adalah interpretasi lagu dan bagaimana penghayatannya,” kata Reinhard Djo. (jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *