Resmikan RSUP dr Ben Mboi, Terbesar di Indonesia Timur, Jokowi: Terima Kasih Pa Melki Laka Lena

by -232 views

KUPANG, mediantt.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan RSUP dr Ben Mboi, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Jokowi menyebut RSUP dr Ben Mboi adalah rumah sakit terbesar di Indonesia bagian timur.

“Pagi hari ini kita meresmikan RSUP dr Ben Mboi, ini adalah RS terbesar di Indonesia bagian timur, utamanya di NTT, menempati lahan seluas 14 hektare dan bangunannya sendiri 35 ribu meter persegi,” ujar Jokowi di Kupang, Rabu (6/12/2023).

Jokowi memuji alat kesehatan di RSUP dr Ben Mboi yang super modern. Mulai dari magnetic resonance angiography (MRA) hingga CT Scan.

“Saya berpikir, ini yang mengoperasikan ada nggak? Karena peralatannya betul-betul super modern, mestinya nantinya bisa kerjasama dengan rumah sakit yang lain,” lanjut Jokowi.

CT scan yang ada di RSUP dr Ben Mboi, kata Jokowi, seharga Rp 20 miliar. Ia berharap peralatan modern yang ada di RSUP dr Ben Mboi bisa dirawat dengan baik.

“Dan (RSUP dr Ben Mboi) juga bisa meningkatkan pelayanan kesehatan di masyarakat, tidak usah jauh-jauh ke Jakarta, cukup di sini bisa ditangani dan yang paling penting penambahan SDM, utamanya dokter spesialis dan sub spesialis, segera harus dikejar agar kekurangan yang ada bisa segera dipenuhi,” ucap Jokowi.

RSUP dr Ben Mboi, jelas Jokowi, menghabiskan anggaran yang sangat besar. “RS ini menghabiskan anggaran kurang lebih Rp 420 M, tepuk tangan dong. Ini anggaran gede banget Rp 420 M itu, (masa) nggak ada tepuk tangan,” tambahnya.

Dia juga berterima kasih kepada segenap pimpinan DPR RI yang juga hadir di acara peresmian tersebut. Satu di antaranya adalah Wakil Ketua Komisi IX DPR, Emanuel Melkiades Laka Lena.

“Dengan memohon ridho, berkah, dan anugerah Tuhan Yang Maha Esa pada pagi hari ini saya resmikan RSUP dr. Ben Mboi Kupang NTT,” kata Kepala Negara, yang saat itu didampingi Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Penjabat Gubernur NTT Ayodhya G. L. Kalake.

Hadir pula saat itu mantan Menteri Kesehatan dr. Nafsiah Mboi yang juga isteri Gubernur NTT periode 1978-1988, dr. Ben Mboi.

Secara terpisah, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena sebagai putra daerah mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Jokowi Widodo dan juga Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang sudah menghadirkan RSUP dr Ben Boi di Kota Kupang.

“Terima kasih Bapak Presiden Jokowi Widodo dan juga Menteri Kesehatan Pak Budi Gunadi Sadikin yang sudah hadirkan RSUP dr. Ben Boi di Kota Kupang. RSUP ini menjadi yang terbaik di wilayah Nusa Tenggara, Papua dan Maluku. Mari semua kita menjaga seluruh fasilitas di RSUP dr. Ben Mboi ini agar membawa manfaat bagi peningkatan pelayanan kesehatan untuk masyarakat NTT,” sebut Ketua DPD I Golkar NTT dan Ketua TKD Prabowo-Gibran Provinsi NTT. (*/jdz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *