Umat KUB Sto Ignatius de Loyola Rayakan Ultah Kongregasi Para Bruder

by -79 views

KUPANG – 204 tahun yang silam Kongregasi Para Bruder (FICP) La Mennais lahir. Tepatnya, tanggal 6 Juni 1819 di Prancis oleh seorang Romo Projo Yohanes Maria.

Umat KUB Sto. Ignatius de Loyola peringati hari itu dalam perayaan ekaristi di Biara Santo Yosef Kupang, Kamis (23/11/2023). Dilanjutkan santap malam bersama Bruder Filip, Bruder Andik dan pastinya Bruder Faby yang juga adalah pengurus SEKAMI Walikota B itu.

Dalam penjelasannya, Bruder Filip menyebut bahwa sedianya perayaan ini dilaksanakan tepat di Hari Minggu nanti, tanggal 26 November 2023. Tetapi sengaja dimajukan, agar umat bisa bersama mengikuti Hari Raya Kristus Raja Alam Semesta di tanggal yang sama.

Romo Bento yang memimpin misa membawakan homili dari Injil Yohanes 2:1-11, tentang Perkawinan di Kana. Dalam tema Para Pelayan Harapan (Servants of Hope), Romo Bento mengajak umat meniru sikap Maria ibu Yesus yang selalu percaya dan penuh harapan kepada puteranya.

Pesan itu sejalan dengan sub tema khusus hari keenam pekan pendiri yaitu “Mengambil dan Menyajikan Anggur.” Dalam komitmen untuk menjadi pelayan-pelayan Harapan, kita semua dipanggil untuk bersaksi tentang sukacita dalam mengikuti Tuhan. Pelayanan penting yang diharapkan oleh anak-anak dan kaum muda, orang tua dan para pengajar.

Kami juga berdoa bagi gereja sebagai ibu, bagi siapa pun yang menghadapi kesulitan dan tidak tahu jalan keluarnya. Bagi keamanan, kedamaian dan kesejahteraan nusa dan bangsa. Juga untuk anak-anak, orang muda dan seluruh pendidik.

Romo Bento yang sering terlibat dalam kegiatan OMK itu nampak nyaman di tengah kami. Seakan tak mau pulang usai misa. Ia lanjut bercengkrama, bercerita bersama umat soal beberapa fenomena sosial dan peristiwa hangat di seputaran Paroki Sta. Maria Assumpta.

Turut hadir Herman Utang, Ketua Wilayah Walikota B. Bersama para Suster Fransiskan, acara dilanjutkan dengan obrolan santai usai makan bersama, sampai semua kembali dengan senyum.

Selamat mempersiapkan diri para bruder pendidik, hingga sukses pelaksanaan Tahun Kapitel Umum ke-28 di Roma pada Maret 2024 nanti. (*/st)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *