Beri Kuliah Umum, Bupati Andreas Paru Ajak Mahasiswa Sukseskan Tante Nela Paris

by -125 views

Bupati Andreas Paru

BAJAWA – Bupati Ngada Andreas Paru mengajak para mahasiswa dan mahasiswi Sekolah Tinggi Pertanian-Flores Bajawa (STIPER-FB) untuk menyukseskan program unggulan Kabupaten Ngada, Tante Nela Paris (TNP).

Bupati Andreas menyampaikan hal itu saat membuka dan memberi kuliah umum pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKBM) STIPER-FB Tahun Akademik 2023/2024, di kampus itu, Kamis (7/9/2023).

Untuk diketahui, STIPER-FB melaksanakan kegiatan PKKBM Tahun Akademik 2023/2024 sejak Kamis (7/9/2023) dan berakhir Sabtu (9/9/2023).

Bupati Andreas yang juga Ketua Golkar Ngada ini mengatakan, walaupun usianya masih sangat muda, namun STIPER-FB sangat eksis. Bahkan menunggu waktu untuk wisuda perdana dalam beberapa waktu mendatang.

Kehadiran STIPER-FB, kata Bupati Andreas, telah memberikan support kepada Pemerintah Daerah yang salah satu visi-nya, yakni mewujudkan sumber daya manusia Ngada yang unggul.

‘SDM unggul, maka semua potensi yang ada dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Berbagai terobosan baru dan inovasi bahkan menambah 3 program studi baru masing-masing program studi nutrisi teknologi dan pakan ternak, biologi terapan dan agribisnis merupakan sebuah langkah maju menjawab kebutuhan khususnya di sektor pertanian dan peternakan.

Kepada mahasiswa/mahasiswi baru, Bupati Andreas mengajak menjalankan perkuliahan dengan baik. Tentu juga dengan tidak lagi berpikir menjadi pegawai negeri sipil. Namun harus juga berorientasi seorang wirausaha di bidang pertanian sesuai ilmu yang diterima.

Bupati yang gemar bertani itu mengatakan, konsep membangun Kabupaten Ngada dan capaian kinerja pembangunan serta hambatan yang saat ini sedang dirasakan perlu pula disampaikan kepada para mahasiswa dan mahasiswi.

Membangun Kabupaten Ngada yang tertuang di dalam visi dan misi pembangunan. Visi Pembangunan yaitu ingin mewujudkan masyarakat Ngada yang unggul, mandiri dan berbudaya berbasis pertanian dan pariwisata.

Dikatakan lagi, kuliah di STIPER-FB adalah sebuah pilihan tepat karena Pemerintah Kabupaten Ngada telah menempatkan sektor pertanian sebagai sektor unggulan yang menggerakkan potensi lainnya.

“Kabupaten Ngada memiliki potensi yang luar biasa termasuk di bidang pertanian. Potensi itu tidak hanya sebatas disyukuri, namun harus dikelola secara baik,” tegasnya.

Ketua STIPER-FB, Dr.Nicolaus Noywuli, S.TP, MSi pada kesempatan itu mengatakan, STIPER-FB saat ini memasuki tahun akademik yang ke-4 dengan total mahasiswa berjumlah 544 orang.

Mahasiswa baru sedianya ada 195 orang namun yang mengikuti PKKMB sebanyak 123 orang. Kegiatan itu diikuti oleh perwakilan mahasiswa senior, siswa SMK dari Elar, Kabupaten Manggarai Timur, dosen dan pegawai.

Saat ini juga, lanjut dia, ada penambahan 17 orang dosen dengan 5 Prodi yaitu Peternakan, Agroteknologi, Agribisnis, Nutrisi dan Teknologi Pakan Ternak serta Biologi. (wim/fpn/jk)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments