Lepas Kontingen Popda, Bupati Jawa Ingatkan Jaga Nama Baik Daerah dan Sportifitas

by -327 views

Bupati Marsianus Jawa lepas kontingen Lembata ke Popda Tingkat Provinsi NTT.

LEWOLEBA, mediantt.com – Penjabat Bupati Lembata, Marsianus Jawa, melepas secara resmi kontingen yang akan berlaga di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) ke VI Tingkat Provinsi NTT, di pendopo rumah jabatan Bupati Lembata, Sabtu (11/3/2023).

Kepada para atlet Bupati berpesan agar berjuang untuk membawa nama baik daerah sesuai motto “Kobarkan Semangat Juangmu; Soga Naran Lewotana Lembata. Jangan takut dengan siapapun juga. Kita bisa bersaing. Harus yakin itu,” kata Bupati Jawa kepada 14 peserta kontingen Lembata.

Dia tak henti-hentinya berpesan, “Kamu harus bisa menjadi orang yang terbaik. Junjung nama baik daerah dan jaga sportifitas olahraga.”

Jadilah olahragawan sejati seperti John Stephen Akhwari, seorang pelari maraton 42,195 kilometer dari Tanzania, yang begitu heroik-nya di Olimpiade Meksiko tahun 1968. Dia begitu gigi berjuang sampai titik akhir. Walaupun menjadi peserta dengan finis terakhir sesaat medali akan dibagikan kepada sang juara, Mamo Wolde dari Etiopia, namun ia tetap semangat untuk menyelesaikannya.

Dia saat itu pada kilometer ke-19 sempat mengalami insiden kecelakaan. Walaupun sempat jatuh tergelincir dengan sendi lutut tergeser dan bahu yang sakit, namun ia tetap bertahan. Dengan semangat pantang menyerah, sesaat setelah mengatasi rasa sakitnya, ia tetap berupaya masuk ke stadion untuk menyelesaikan perlombaan. Ia akhirnya finis dengan catatan waktu 3 jam, 25 menit, 27 detik.

Atas perjuangannya itu, semua media mengarahkan perhatian kepadanya. Mereka bertanya kenapa harus berjuang seperti ini, toh pada akhirnya juara sudah ada yang miliki. Ia dengan tegas menjawab, ‚ÄĚNegara saya tidak mengirim saya terbang 10.000 mil jauhnya hanya untuk start berlari. Mereka mengirim saya untuk menyelesaikan lomba”.

Semangat yang tak kenal kata menyerah dari Akhwari itu telah menjadi perhatian dunia. Ia telah menjadi ikon pada cabang olahraga atletik dan menjadi spirit di dunia olahraga saat ini.

Karena itu, Bupati berharap kontingen Lembata bisa menjadikan John Stephen Akhwari sebagai spirit untuk boleh berjuang, tak lekas putus asa dan selalu optimis.

Motivasi ini sengaja Bupati Jawa sampaikan untuk membakar semangat juang anak-anak Lembata ketika mengikuti Popda ke-VI Tingkat Provinsi NTT, di Kupang pada tanggal 14-18 Maret 2023.

Sementara Kadispora Lembata, Markus Labi, dalam laporannya, menyampaikan bahwa ada 14 peserta yang terseleksi dari 15 SMA/SMK di Kabupaten Lembata, yang diikuti oleh 240 siswa-siswi. Dan 5 orang dipilih sebagai pendamping.

Ke-14 orang ini akan mengikuti perlombaan pada cabang olahraga atletik yakni lari dan lompat jauh. Cabang lari diikuti 12 peserta, yakni 6 putra dan 6 putri. Sedangkan pada cabang lompat jauh diikuti 2 peserta, yakni 1 putra dan 1 putri.

Sesuai jadwal, Lembata akan bertanding dengan durasi waktu dari tanggal 14-18 Maret 2023. Kontingen berangkat menuju Kupang via Larantuka pada Senin 13 Maret 2023 dan direncanakan kembali ke Lembata pada 19 Maret 2023.

Markus Labi berharap ada kejutan di Popda, mengingat baru pertama kali Lembata ikut dalam ajang ini. “Kesempatan ini adalah kesempatan emas bertanding di sana untuk membawa nama baik Lembata,” kata Labi Waleng.

Dia juga memberi motivasi bahwa melalui olahraga pintu masuk untuk keliling dunia, maka dari itu konsentrasi kalian adalah lari, lari dan lari.

Acara ditutup dengan penyerahan lambang daerah dari Bupati Jawa kepada Kadispora untuk selanjutnya dibawah ke Kupang sebagai panji kehormatan Kabupaten Lembata dalam perlombaan nanti. Dan setelah itu dilakukan sesi foto bersama.

Kontingen Popda ke VI Lembata :

1. Paulus Iba Henakin, nomor atletik, 100 m putra. 2. Wilhelmus W. Botoor, nomor atletik, 200 m putra. 3. Pius Taran, nomor atletik, 400 m putra. 4. Kaprasius A. Nesa, nomor atletik, 800 m putra. 5. Lasarus Alexander, nomor atletik, 1500 m putra. 6. Yohanes G. Peri, nomor atletik, 5000 m putra. 7. Frederikus Pati, nomor atletik, lompat jauh putra.

8. Agnes Dateng, nomor atletik, 100 m putri. 9. Maria N. Weli, nomor atletik, 200 m putri. 10. Maria L. Lemaking, nomor atletik, 400 m putri. 11. Magdalena C. B. Purab, nomor atletik, 800 m putri. 12. Yuliana J. Paokuma, nomor atletik, 1500 m putri. 13. Rosalina Rosi, nomor atletik, 5000 m putri. 14. Maria L. Anto, nomor atletik, lompat jauh putri. 15. Vincent Pua Tolly, nomor atletik, pelatih.

16. Erminus Duli, nomor atletik, pelatih. 17. Ambrosius Tobe, nomor atletik, pelatih. 18. Eusabia F. Edwin Muda, nomor atletik, pelatih. 19. Fridolina Ukas Kapitan, nomor atletik, pelatih. (baoon)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments