Pemkot Kupang Salurkan Air Bersih Bagi Warga Terdampak Kekeringan

by -115 views

KOTA KUPANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), mulai menyalurkan bantuan air bersih bagi masyarakat terdampak kekeringan. Dimulainya penyaluran bantuan air bersih ditandai dengan pelepasan sejumlah armada mobil tangki milik Pemkot oleh Penjabat Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjoh, SH, Selasa (02/11) di Kantor BPBD Kota Kupang, Jl. Sam Ratulangi III, Kelurahan Kelapa Lima.

Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, yang didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ignasius Repelita Lega, SH dan Asisten Administrasi Umum Yanuar Dally, SH, M.Si, dalam sambutan singkatnya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan dalam penyaluran bantuan air bersih bagi masyarakat Kota Kupang yang mengalami dampak dari kekeringan.

“Atas nama Pemerintah Kota Kupang saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berinisiatif untuk membangun kerja sama meringankan beban yang dialami oleh masyarakat,” ujar George.

Menurut dia, pemerintah harus peka terhadap kebutuhan masyarakat akan air bersih, karena bersifat vital. Ia mengapresiasi BPBD yang sigap mengantisipasi dampak kekeringan melalui penyaluran bantuan air bersih bagi masyarakat. Selain itu, George juga meminta dukungan seluruh elemen ikut menjaga kebersihan kota. Kepada jajaran Pemkot Kupang ia meminta agar terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat dengan memaksimalkan sumber daya melalui kerja kolaborasi.

Penjabat Wali Kota mengakhiri sambutannya dengan melepas armada mobil tangki sebagai tanda dimulainya penyaluran air bersih bagi masyarakat terdampak kekeringan di Kota Kupang.

Pelaksana Harian Kepala Bidang Kedaruratan Logistik BPBD Kota Kupang Aorbanis I. Fuah, SH, dalam laporannya menjelaskan, pendistribusian bantuan air bersih bagi warga terdampak kekeringan oleh BPBD Kota Kupang bertujuan untuk mencegah dampak kekeringan semakin meluas di Kota Kupang serta untuk mengatasi kekurangan akan kebutuhan air bersih yang dialami oleh masyarakat Kota Kupang.

“Sasaran utama dari pelaksanaan penyaluran bantuan air bersih yaitu masyarakat Kota Kupang terdampak kekeringan pada 51 Kelurahan di 6 Kecamatan yang memerlukan bantuan air bersih. Distribusi bantuan air bersih ini akan dilaksanakan selama 2 bulan yaitu sejak 2 November sampai dengan 30 Desember 2022 selama hari kerja,” jelasnya.

Dia menatmbahkan, untuk mendukung kelancaran penyaluran bantuan maka Pemerintah Kota Kupang melalui BPBD dan Perangkat Daerah lainnya berkolaborasi untuk menyiapkan armada yang akan digunakan untuk pendistribusian air bersih yaitu 4 unit mobil tangki dari BPBD, 1 unit mobil tangki PDAM Kota Kupang dan 9 mobil tangki bantuan Forum PRB Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sementata personil yang melakukan distribusi dan pendampingan sejumlah 37 orang yang terdiri dari 30 orang dari BPBD Kota Kupang, 4 orang dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), 2 orang dari Bagian Umum, 1 orang dari PDAM Kota Kupang dan 9 orang dari Forum PRB Provinsi NTT.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Kupang, Orson Genes Nawa, SH, M.Si, serta Kepala Bagian Teknik PDAM Kota Kupang, Aryantho Muda Tallo, A.Md. (rdp/st)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments