Pelatih Perse Sesumbar Pecahkan Mitos Jago Kandang, Kedepankan Fair Play

by -472 views

Sesi Konferensi Pers Pelatih dan Kapten Perse Ende.

LEWOLEBA – Perse Ende siap menghadapi tuan rumah Persebata di partai puncak grandfinal, Kamis (29/9). Karena itu, Manajer Tim Perse Ende, Yulius Cesar Nonga, pada konferensi pers di Media Center Stadion Gelora 99 Lembata, Senin (26/9) sore, menyampaikan harapannya agar kedua tim bermain tetap mengedepankan sportivitas dan fair play.

Faktor tuan rumah memang tidak bisa dihindari. Fenomena akhir-akhir ini perhelatan piala El Tari Memorial Cup selalu dimenangkan tuan rumah, namun ia yakin di partai puncak nanti tentunya Persebata dan Perse Ende mempunyai kans yang sama untuk memenangkan pertandingan itu.

“Karena itu, sportivitas dan fair play harus tetap dijaga demi menjaga marwah sepakbola NTT yang santun dan berbudaya,” ujarnya.

Manajer Yulius Cesar Nonga mengakui Persebata adalah tim yang bagus, tim yang solid, sehingga timnya akan berusaha dengan sekuat tenaga, penuh perjuangan dengan sisa-sisa perjuangan yang ada untuk bisa memenangkan laga pemungkas melawan Persebata.

Terkait supporter yang akan hadir, Nonga menyampaikan bahwa mereka tidak secara khusus memboyong supporter dari Ende datang ke Lembata tetapi kalau sukarela dan spontanitas hadir untuk mendukung tim Perse Ende, dia sangat berterima kasih.

Karena itu, dengan melihat kapasitas tampung Stadion Gelora 99 yang masih terbatas, Nonga meminta dengan segala kerendahan hati, ada kerelaan supporter tuan rumah agar bisa berbagi tempat, berbagi ruang buat supporter Ende, “Boys Mania”, untuk memberikan dukungan bagi tim kesayangannya.

Dia juga sedikit menceritakan bahwa di empat perhelatan terakhir piala ETMC hingga di Lembata, Perse Ende selalu masuk semifinal. Bahkan di Lembata sini kami bisa tembus partai puncak. Hal ini merupakan pencapaian yang sungguh sangat luar biasa yang patut di syukuri.

“Ini kesempatan baik bagi kami untuk bisa membuktikan bahwa mitos Perse Ende itu selalu jago kandang dan hanya bisa juara di kandang, tentu kami akan berusaha, berupaya untuk memecahkan mitos itu”, kata Nonga optimis.

Dia menambakan, “Ini kesempatan kami. Sehingga dengan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa, kami tentu akan berjuang untuk memenangkan pertandingan itu”.

Mengenai kiat-kiat yang akan dilakukan, Nonga lantas mengatakan bahwa kami akan menampilkan yang terbaik. “Tim kami selalu siap,” ujarnya.

“Dengan durasi waktu dua sampai tiga bulan, kami berhasil merekrut pemain-pemain yang memang pantas untuk kami bawa ke turnamen sekelas El Tari Memorial Cup ini,” kata Yulius Cesar Nonga.

Kapten Adi Aba menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Ende yang hadir di Lembata mendukung pertandingan Perse Ende vs Persim Manggarai. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Ende yang telah mendoakan sehingga bisa sampai berada di level ini.

“Untuk pertandingan tadi, ya jelas kami bermain tim, semua bermain bagus hari ini dan untuk final nanti kami akan tetap berusaha untuk menjuarai piala ini. Saya teringat final 2012 piala Gubernur di Kupang final melawan Persebata. Insyaallah, kami akan ulang di sini,” kata Adi Aba, dan menegaskan, setiap pertandingan itu wajib menang. Karena setelah peluit dibunyikan itu harga diri dipertaruhkan. (bily baon)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments