BNN Ajak Kwarda Pramuka NTT Lawan Narkoba dan Perangi Hoax

by -243 views

Sinun Petrus Manuk

LABUAN BAJO, mediantt.com – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Nusa Tenggara Timur (NTT) menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) NTT mencanangkan gerakan Pramuka melawan penyalahgunaan Narkotika dan Obat Berbahaya (Narkoba).

Hal ini disampaikan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka NTT Sinun Petrus Manuk saat menyampaikan laporan dalam pembukaan Jambore Daerah (Jamda) IX di Gelanggang Olahraga (GOR) Ora Flobamora, Labuan Bajo, Selasa (2/8/2022), sebagaimana dilaporkan Humas Jamda IX, Agustinus Brewon.

Sinun menjelaskan tindak lanjut dari penandatanganan kerjasama Kwarda Gerakan Pramuka NTT bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi NTT selama Jamda IX melaksanakan berbagai aktifitas seperti menyanyikan Mars BNN, pengukuhan agen pramuka anti narkoba melalui penyematan PIN, lomba video yel anti Narkoba, pemutaran film, penyuluhan, serta tes urin untuk sebagian besar peserta Jamda IX.

“Terima kasih BNN atas kepercayaan dan kemitraan bersama Kwarda. Kita berharap ini terus kita kembangkan lewat aksi nyata demi masa depan anak bangsa di NTT,” ujar Sinun.

Dia berharap dengan berbagai edukasi dari BNN Provinsi NTT, ketika kembali ke daerah, Pramuka di berbagai tingkatan dapat menjadi corong informasi yang benar tentang dampak buruk penyalahgunaan Narkoba.

Selain berperan dalam perang melawan Narkoba, Sinun melaporkan dalam pelaksanaan Jamda IX juga dilakukan edukasi terkait literasi digital. Anak-anak Pramuka juga diajarkan bagaimana menggunakan media sosial dengan bijaksana dan bertanggung jawab dan menghindari penggunaan media sosial yang negatif dan menjerumuskan.

“Anak Pramuka harus mampu menggunakan media sosial untuk menyebarkan informasi-informasi positif, selektif dan terkontrol. Kita perangi hoax,” tambah pria yang akrab disapa Kak Piet ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTT Umbu Warandoy saat membacakan sambutan tertulis Wakil Gubernur NTT mengatakan, wadah Gerakan Pramuka telah menjadi wahana mendidik dan membina karakter dan jati diri bangsa.

“Gerakan Pramuka selalu relevan dengan perkembangan zaman, dan memiliki peran konstruktif dalam mencetak generasi muda yang berkarakter pembangunan, bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Kuasa, cerdas dan berkepribadian tangguh dan berbudi pekerti luhur,” jelas Umbu Warandoy.

Upacara pembukaan Jamda IX juga dihadiri Bupati Manggarai Barat, Bupati Timor Tengah Utara, Wakil Bupati Kupang, Wakil Bupati Manggarai Barat, dan Ketua Kwarda NTT periode 2010-2020 Lusia Adinda Dua Nurak Leburaya. Kegiatan Jamda berlangsung sejak tanggal 2 Agustus 2022 sampai dengan 6 Agustus 2022. (*/jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments