Imbauan BMKG, Waspadai Gelombang Tinggi di NTT Hingga Awal Juli 2022

by -207 views

Inilah banjir yang merendam ratusan rumah di Malaka, Rabu (29/6) pagi. Foto: Pascal Nahak.

KUPANG – Perairan di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) beberapa hari ke depan hingga awal Juli 2022, diperkirakan akan mengalami kenaikan gelombang laut yang sangat tinggi.

Karena itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang mengimbau warga agar mewaspadai ancaman gelombang laut kategori sangat tinggi yang berpotensi melanda beberapa titik perairan laut di NTT selama beberapa hari ke depan.

“Gelombang laut dengan ketinggian berkisar 4 sampai 6 meter atau kategori sangat tinggi berpotensi melanda Samudera Hindia selatan Sumba-Sabu dan selatan Kupang-Rote serta perairan selatan Kupang-Rote,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang BMKG Syaeful Hadi di Kupang, dikutip dari ANTARA, Rabu 29 Juni 2022.

Potensi gelombang sangat tinggi, kata dia, perlu diwaspadai karena berisiko tinggi terhadap pelayaran kapal berukuran besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar.

Selain itu, terdapat dua titik perairan yang juga berpotensi dilanda gelombang tinggi (2,5-4 meter) di Selat Sumba bagian timur dan Laut Sawu yang berisiko tinggi terhadap pelayaran kepal feri.

Sementara perairan utara Kupang-Rote, Selat Sumba bagian barat berpotensi dilanda gelombang sedang (1,25-2,5 meter) yang perlu diwaspadai perahu nelayan.

Lebih lanjut dikatakan, kondisi sinoptik menunjukkan bahwa umumnya angin bertiup dari arah timur ke tenggara dengan kecepatan 2-7 Skala Beaufort.

Syaeful Hadi mengimbau operator kapal maupun nelayan untuk meningkatkan kewaspadaan dalam pelayaran agar terhindar dari gelombang tinggi yang dapat mengancam keselamatan pelayaran.

“Silakan terus memantau dan mencermati informasi cuaca terkini yang dikeluarkan BMKG sehingga menjadi referensi untuk aktivitas pelayaran yang lebih aman,” katanya.

Menurut BMKG, potensi hujan disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat terjadi di wilayah Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Alor, Belu, Malaka, TTU, TTS, Kabupaten Kupang.

BMKG juga meningatkan agar waspada terhadap angin kencang di wilayah Pulau Timor, Pulau Rote, Pulau Sabu, dan Pulau Sumba. Juga waspada potensi kebakaran lahan di wilayah NTT. (ant/pascal)

2 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments