Universitas Warmadewa Bali Anjangsana Berbasis Ekowisata ke Malaka

by -130 views

Tim dari Universitas Warmadewa melakukqn Temu Media Partner di Cafe Nao, Rabu (22/6).

KUPANG, mediantt.com – Universitas Warmadewa Bali sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia Timur, terus melakukan inovasi program, termasuk ke Provinsi NTT. Dalam pekan ini, Unwar menggelar anjangsana berbasis ekowisata ke Kabupaten Malaka. Ini juga sebagai upaya merekrut mahasiswa baru.

“Misi kunjungan ke Malaka kali ini sebenarnya adalah tindak lanjut kerjasama dengan Pemprov NTT dan Pemkab Malaka. Saat kami bertemu dengan Pemprov NTT, Bapak Gubernur sangat mendukung program kami dan saat itu beliau menugaskan Dinas Pariwisata untuk bersama-sama dengan kami. Untuk Pengembangan Ekowisata di NTT, tahun ini kami sudah Kerjasama dengan Kabupaten Malaka,” jelas Wakil Rektor III Unwar, Dr Ir I Wayan Perwata, dalam Temu Media Partner Unwar Bali di Kupang, Rabu (22/6/2022), di Cafe Jao.

Menurut Wayan Parwata, kehadiran tim dari Unwar ke NTT tidak sekedar mempromosikan Universitas yang menjadi idola anak-anak dari Nusa Tenggara Timur. Pihaknya juga ingin melakukan kerjasama di berbagai bidang terutama di Bidang Pariwisata lebih khususnya Ekowisata.

Universitas Warmadewa sebagai instansi pendidikan, jelas Wayan Parwata, berkontribusi menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menjawab permasalahan dalam pengembangan ekowisata.
“Tidak hanya mengajarkan bagaimana menjadi penyedia pasar, akan tetapi bagaimana membuat kebijakan pariwisata yang sesuai dengan kondisi dan tujuan ekowisata dan memiliki sifat keberlanjutan. Keberlanjutan suatu obyek wisata akan terjadi apa bila masyarakat sekitar destinasi merasakan secara langsung manfaat positif dari kegiatan pariwisata,” katanya.

Dia juga mengatakan, sejalan dengan program Pemprov NTT yang menempatkan wisata sebagai prime mover pembangunan, Univeritas Warmadewa, siap mendukung dan membantu mewujudkan keberhasilan program itu.

“Kalau belajar wisata ayo ke Warmadewa. Ada jurusan di mana kita bisa belajar tentang bagaimana mengembangkan wisata di NTT.
Setelah itu, kembali dan kembangkan pariwisata di NTT,” kata Parwata.

Parwata menambahkan, selain menemui unsur Pemkab Malaka, pihaknya juga akan mengidentifikasi potensi wisata di Malaka untuk dikembangkan. Bagi dia, potensi wisata yang besar ini akan sangat bermanfaat bila ada kerja sama untuk mengembangkannya.

Dewa Sadguna menambahkan, pihaknya juga memiliki program untuk mengembangkan desa yang ada di Kabupaten Malaka. “Bulan Agustus akan ke Malaka untuk melakukan kegiatan di desa dan program kemanusiaan dengan kerja sama buat rumah untuk penyandang disabilitas,” ujarnya.

Menurut dia, 60-70 persen mahasiswa pertanian Unwar berasal dari NTT. “Kami sangat bangga ketika sosialisasi ke berbagai daerah di NTT, disambut dengan sangat baik. Ada alumni kami hampir di seluruh NTT. Itu sangat membanggakan bagi kami. Alumni di NTT sangat membantu kami memberikan sosialisasi. Banyak anak NTT yang kuliah karena diajak oleh para alumni,” ujarnya.

Dalam temu media ini, juga disosialisasikan berbagai keunggulan bila kuliah di Unwar Bali. Beberapa diantaranya, yakni akreditasi program studi, beasiswa, fasilitas perkuliahan, kualifikasi dosen dan lainnya.

Tim Unwar yang beranjangsana ke Malaka terdiri dari, Wakil Rektor (WR) III Unwar, Dr. Ir. I Wayan Parwata, MT., IPU, Asean Eng, Ketua Senat Unwar/Ketua Program Anjangsana, Prof. Aron Meko Mbete, Dekan Fakultas Pertanian, Ir. Dewa Sadguna, MP. Direktur Vokasi, Ir. Gede Pariutama Westra, Wadir 2 Pascasarjana, Dr. Ngurah Suyatna Yasa, SE, M.Si, Kaprodi MSP Pascasarjana, Dr. Dewa Nyoman Sudita, MP dan Sekprodi MSP, Dr. Yohanes Parlindungan, MP. (jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments