Jadi Tuan Rumah, Pemkot Kupang Siap Sambut Peserta Rakerwil APEKSI

by -215 views

Asisten 1 Setda Kota Kupang, Jefry E. Pelt, SH.

KOTA KUPANG – Kota Kupang didaulat sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja (Raker) Komisariat Wilayah (Komwil) IV APEKSI ke-17 Tahun 2022. Rangkaian kegiatan yang diagendakan selama 3 hari sejak 21-23 Juni 2022, akan dihadiri lebih dari 239 peserta.

Para peserta terdiri dari para Walikota, Wakil Walikota, Sekda, Asisten, Kepala Bagian, Camat dan Lurah dari 13 Kota yang tergabung dalam Komisariat Wilayah IV APEKSI. Yaitu dari Kota Bogor, Kota Kediri, Kota Batu, Kota Surabaya, Kota Blitar, Kota Mojokerto, Kota Probolinggo, Kota Mataram, Kota Madiun, Kota Pasuruan, Kota Denpasar, Kota Malang dan Kota Bima.

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia atau disingkat APEKSI merupakan organisasi bagi seluruh Pemerintah Kota Indonesia yang terbentuk sejak 25 Mei 2000, yang mengusung visi sebagai organisasi strategis untuk pemberdayaan kota-kota dalam rangka pelaksanaan otonomi di Indonesia. Dengan misi berusaha untuk menjadi organisasi terpercaya, profesional di bidang perkotaan dalam mendukung dan melaksanakan upaya terbaik bagi pemerintahan kota melalui pembangunan yang demokratis, transparan, otonomi yang bertanggung jawab.

Ada 98 Kota se-Indonesia yang tergabung didalam APEKSI dan terbagi dalam 6 Komisariat Wilayah, dimana Kota Kupang termasuk dalam Komisariat Wilayah IV, dengan Walikota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, SE, MM sebagai Ketuanya.

Program dan komponen utama kegiatan APEKSI adalah Pembangunan Berkelanjutan, Advokasi Kebijakan, Peningkatan Kapasitas, Kerjasama Daerah, Kelembagaan dan Kemitraan, Komunikasi dan Informasi serta Administrasi dan Keuangan.

Saat ditemui di ruangan kerjanya usai memimpin rapat persiapan pelaksanaan Raker APEKSI ini, Asisten 1 Setda Kota Kupang, Jefry E. Pelt, SH, mengatakan, Pemerintah Kota Kupang sudah melakukan berbagai persiapan yang cukup matang untuk menyambut perhelatan tersebut.

“Kita harapkan nantinya kegiatan ini dapat berkesan bagi seluruh Kepala Daerah beserta rombongan yang berkunjung ke Kota Kasih,” ujar Jefry.

Beberapa rencana kegiatan dimulai dari penjemputan para tamu undangan di bandara sejak 20 Juni hingga berbagai tempat yang nantinya akan dikunjungi oleh para tamu sudah dipersiapkan dengan baik oleh panitia.

“Rangkaian kegiatan Rakor Apeksi Komwil IV ini meliputi Rapat Kerja, pameran, pagelaran seni budaya, pawai budaya/karnaval, fashion show dan penanaman pohon,” tambahnya.

Jefry juga memaparkan rangkaian kegiatan selama 3 hari pelaksanaan APEKSI di Kota Kupang. “Pada hari pertama, setelah penjemputan di bandara, rombongan akan dibawa langsung ke Hotel Aston sebagai tempat penginapan para tamu APEKSI. Pada sore harinya tamu akan arahkan ke Pelataran Pantai Kelapa Lima untuk mengikuti Pembukaan Pameran Koepan Expo, kemudian pada malam harinya, dilanjutkan dengan Gala Dinner di Subasuka Paradise Restaurant. Sambil menikmati makan malam, para tamu undangan akan disuguhkan berbagai hiburan seperti tarian budaya, tayangan seputar perubahan Kota Kupang serta penyerahan cenderamata,” jelas Jefry.

Pada hari kedua, lanjut sia, ada 3 kegiatan utama yang dilaksanakan, yakni Rapat Kerja APEKSI di Hotel Aston, dengan agenda pembahasan seputar penataan ruang perkotaan berkelanjutan dan Best Practice Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19. Kedua adalah Ladies Program yang dikoordinir oleh Dekranasda Kota Kupang, dimana para istri tamu undangan akan mengunjungi beberapa lokasi menarik seperti Paliative Care, dilanjutkan dengan menikmati Tarian Kreasi Sepe di The Kings Restaurant dan menyaksikan Fashion Show Busana Produk Kota Kupang di Spot Expo Mini Sepe.

Kegiatan ketiga adalah pawai budaya/karnaval yang dilaksanakan pada sore hari, dengan rute start dari depan GOR Oepoi dan berakhir di depan Rumah Jabatan Gubernur NTT.

Di hari terakhir, sambung Jefry, akan dilaksanakan penanaman pohon oleh perwakilan dari setiap Kota peserta Rakor APEKSI, di IPA SPAM Kali Dendeng, Kelurahan Penkase Oeleta.

“Diharapkan dengan Raker Komwil IV APEKSI ini, Kota Kupang dapat mengenalkan dan menampilkan produk unggulannya sekaligus bertukar pengalaman dan informasi dengan daerah lain untuk meningkatkan pembangunan. Keuntungan lain, dapat memicu pemulihan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi, karena akan berdampak langsung pada tingkat okupansi hotel, serta visitasi pada restoran dan UMKM,“ jelas dia. (jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments