Tren Elektabilitas Airlangga Naik, LSI Denny JA: Berpeluang Bersaing di 2024

by -91 views

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

JAKARTA, mediantt.com – Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, dinilai masih memiliki kesempatan untuk meningkatkan elektabilitas sebagai capres menuju 2024. Hal ini dikatakan oleh Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa.

Terlebih, hasil survei LSI Denny JA melihat tren elektabilitas Airlangga terus merangkak naik. Di mana sebelumnya pada Maret 2022 di angka 37 persen. Kemudian Juni 2022 menjadi 47%.

“Elektabilitas Maret di angka 1 persen, Juni naik menjadi 4,5 persen,” kata Ardian, Rabu (15/6/2022).

Ardian meyakini, peluang Airlangga masih terbuka untuk bisa bersaing dan meningkatkan elektabilitasnya jelang Pilpres 2024. Karena masih ada waktu sampai pendaftaran capres pada 2023

“Jika tidak menjadi Capres, Airlangga bisa menjadi cawapres dengan menggandeng capres yang kuat. Sebagai Ketua Umum Partai Golkar terbesar kedua setelah PDIP, dan pemimpin di KIB, ini menjadi nilai plus dari Airlangga,” ucapnya, dan menyatakan, masih banyak cara untuk menaikkan elektabilitasnya.

Ardian juga menyarankan, Airlangga mencari isu yang lebih populis untuk meningkatkan elektabilitasnya di sisa waktu yang ada. Khususnya, isu yang menyangkut masyarakat kelas menengah ke bawah.

“Untuk menaikkan elektabilitas, pertama, mencari isu populis yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, terutama yang berkaitan dengan isu ekonomi, pemberdayaan, dan kemajuan bangsa. Isu ini harus genuine dari masing-masing kandidat,” jelas Ardian.

Kedua, kata dia, Airlangga perlu memberdayakan organ partai politik. Dia adalah tokoh kunci di partai. “Sehingga untuk menggerakan partai sangat dimungkinkan. Memang kerja kolosal tetapi hasilnya akan sebanding dengan kerja yang dilakukan,” tegas dia.

LSI Denny JA mengeluarkan rilis elektabilitas sebagai capres untuk Pilpres 2024. Berikut ini hasil survei LSI Denny JA:

1. Prabowo Subianto 28,9%
2. Ganjar Pranowo 23,5%
3. Anies Baswedan 14,6%
4. Agus Harimurti Yudhoyono 6,1%
5. Sandiaga Uno 5,3%
6. Airlangga Hartarto 4,5%
7. Puan Maharani 2%
8. Tri Rismaharini 1,6%
9. Erick Thohir 1,5%
10. Moeldoko 0,1%
Tidak tahu/tidak jawab 11,9%

Survei LSI Denny JA ini menggunakan metodologi multistage random sampling, dengan jumlah responden ada 1.200 responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara tatap muka dengan responden menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini +- 2,9 persen, waktu riset dilengkapi riset kualitatif pada 24 Mei hingga 7 Juni 2022. (sindo.com/jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments