Tak Pernah Setor ke PAD, Fraksi Golkar Sarankan Tutup Perusahaan Daerah di TTU

by -125 views

Sidang I DPRD TTU Tahun 2022, Selasa (14/6).

KEFAMENANU, mediantt.com – Fraksi Partai Golkar DPRD TTU terus menyoroti realisasi PAD setelah perubahan sebesar 104,39 %, Pendapatan Transfer setelah perubahan 96,43 % sebagaimana tertuang dalam dokumen Nota Keuangan Atas Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TTU TA 2021.

FPG mengapresiasi prestasi tersebut, namun di sisi lain FPG ingin menyoroti hal yang berhubungan dengan salah satu sumber PAD yang sampai kini masih sulit. Bahkan sering pengelolaan dan pengembangannya tidak efisien dan efektif, terutama seperti Perusahaan Daerah yang ada di TTU.

“Kelihatan dan terasanya belum juga signifikan pengelolaannya sehingga hampir dipastikan bahwa dari tahun ke tahun selalu sulit menyumbangkan prestasinya kepada PAD atau APBD Kabupaten TTU sebagaimana yang diharapkan,” demikian sikap politik FPG DPRD TTU, yang tertuang dalam Pemandangan Umum Fraksi Partai Golkar DPRD TTU terhadap Nota Keuangan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2021 beserta seluruh lampiran, serta 3 (tiga) buah Rancangan Peraturan Daerah TTU, dalam Sidang I DPRD TTU Tahun Sidang 2022, Selasa (14/6).

Pemandangan umum ini dibacakan oleh Ketua Fraksi PG Dionisius Ulan, S.Pt, M.Si bersama Sekretaris Klemens Anin.

Karena itu, saran FPG, sekiranya Perusahan Daerah yang masih ada namun sulit dikelola dan dikembangkan secara efisien dan efektif, mungkin bisa ditutup saja dari pada setiap tahun dialokasikan anggaran dari APBD untuk pemeliharaan pengelolaan dan pengembangannya. “Namun endingnya adalah tidak optimal menghasilkan untuk penerimaan PAD bahkan sama sekali tidak menyumbangkan keuntungan bagi penguatan APBD Kabupaten TTU. FPG minta tanggapan Pemda atau OPD terkait atas hal ini,” tegas FPG. (jdz)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments